Efektivitas Program Layanan Rakyat Sertipikat Tanah di Kabupaten Gresik

  • SUHENDRIK KRISWANTO

Abstract

ABSTRAK

 

                                                     

Program larasita merupakan program unggulan dari BPN untuk melakukan reformasi birokrasi dengan tujuan menciptakan rasa percaya kepada masyarakat terhadap kerja kantor pertanahan untuk mencapai tujuan target sertifikasi tanah di Kabupaten Gresik. Masalah yang sedang terjadi adalah adanya masyarakat kontra larasita dan masih banyaknya tanah di Kabupaten Gresik yang belum mempunyai sertifikat. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah mengukur seberapa efektif program larasita di Kabupaten Gresik. Dalam penelitian ini menggunakan indicator yang digunakan adalah teori pengukuran efektivitas oleh Budiani.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian adalah masyarakat Kabupaten Gresik yang menjadi peserta program larasita dengan metode pengambilan sampel yaitu Proportional Stratified Random Sampling. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data penulis menggunakan kuesioner dan dokumentasi.

Hasil penelitian ukuran efektivitas yang dilakukan diperoleh rata-rata nilai yang dihasilkan sebesar 2,05. Dengan hasil nilai 2,05 maka berada pada interval 1,81-2,6 yang mempunyai arti kurang efektif. Sementara prosentase efektivitas Program Layanan Rakyat Sertipikat Tanah (LARASITA) di Kabupaten Gresik mencapai 41%.

Saran yang dapat diberikan diberikan yaitu: 1) meningkatkan ketepatan sasaran program larasita yang sebenarnya yaitu masyarakat yang jauh dari Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik 2) meningkatkan sosialisai 3) melaksanakan program sesuai dengan tujuan dan memenuhi target 4) meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan perhatian kepada pelanggan.

Kata Kunci: Efektivitas, Program, LARASITA

Published
2013-05-24
Section
Articles
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 42