PERAN INSTITUSI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DALAM PERUMUSAN KEBIJAKAN (Studi Pada Bidang Penelitian dan Pengembangan di Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Gresik)

  • AVIV SETIAWAN DINWORO

Abstract

ABSTRAK

 

            Kegiatan-kegiatan pemerintah baik yang berupa pelayanan  masyarakat maupun program-program pembangunan selalu bermula dari kebijakan. Kebijakan yang dirumuskan harus berkualitas, dalam menghasilkan kebijakan berkualitas dimaksud harus didukung data yang valid, informasi yang faktual, dan direkomendasikan atas hasil analisis yang akurat. Masalahnya, tidak sedikit kebijakan yang tidak memecahkan masalah bahkan malah menciptakan masalah baru. Dari itu disadari suatu tahap penting dari kebijakan adalah perumusannya. Dalam  proses perumusan kebijakan, diperlukan dukungan pengetahuan seputar kebijakan sebagai bahan pertimbangan, salah satunya melalui hasil penelitian dan pengembangan. Atas dasar inilah peran pentingnya institusi penelitian dan pengembangan dalam perumusan kebijakan. 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran institusi penelitian dan pengembangan dalam perumusan kebijakan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun narasumber dari penelitian ini adalah Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan dan Staff di Bidang Penelitian dan Pengembangan di Pemerintah Daerah Kabupaten Gresik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam menjalankan ketiga peran yang diadaptasi dari teorinya Wahab (1999) tentang peran institusi kebijakan yakni menyuplai informasi untuk proses perumusan masalah, memberikan struktur ilmiah untuk menentukan prioritas, dan membuat rekomendasi. Institusi penelitian dan pengembangan yang ada di Pemerintahan Kabupaten Gresik ini secara umum berjalan dengan baik. Salah satunya proses dan kegiatannya adalah melakukan kajian yang digunakan untuk menyuplai informasi, dijadikan struktur ilmiah, dan memuat rekomendasi untuk dimanfaatkan dalam perumusan kebijakan. Namun, masih terdapat kelemahan yang teridentifikasi, yakni kurangnya sumber daya manusia dan sarana prasarana yang dapat menghambat kinerja Bidang Penelitian dan Pengembangan dalam menjalankan ketiga perannya tersebut. Diharapkan untuk kedepannya, Bidang Penelitian dan Pengembangan yang ada di Pemerintah Kabupaten Gresik ini dapat memperbaiki perannya dalam perumusan kebijakan.

 

Kata kunci : Peran, Institusi, Perumusan Kebijakan.

Published
2013-05-24
Section
Articles
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 31