PENGARUH SISTEM SANITASI TERHADAP KUALITAS AIR SUMUR DANGKAL PADA PERUMAHAN TIPE KECIL DI KOTA SURABAYA

  • FERRY FERDIANSYA

Abstract

Rumah tipe kecil banyak diminati oleh masyarakat Kota Surabaya karena memang harganya terjangkau. Perumahan yang terbentuknya ada yang dibangun oleh Perumnas, Developer(REI), maupun yang dibangun sendiri oleh masyarakat dan ada juga perumahan teratur dan tidak teratur. Penelitian ini difokuskan pada perumahan teratur, dengan harapan hasilnya dapat diterapkan di mana saja termasuk pada perumahan tak teratur. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasikan sistem sanitasi dan kualitas air sumur dangkal pada perumahan tipe kecil yang dikerjakan oleh para developer dan Perum Perumnas di Kota Surabaya serta menemukan pengaruh sistem sanitasi terhadap kualitas air sumur dangkal.

Di wilayah Kota Surabaya dipilih dua lokasi, satu lokasi diambil dari pengembang yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI) (yang paling produktif) dan satu lokasi Perumnas yang telah dihuni lebih dari 3 tahun. Pada dua lokasi tersebut jarang perumahan yang memakai air sumur dangkal sebagai sumber air bersih, maka peneliti mengambil lokasi sampel di perumahan Pondok Benowo Indah untuk perumahan anggota REI dan perumahan Manukan untuk kelompok Perumnas. Penelitian ini menggunakan teknik Sampling Purposive karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan dengan pertimbangan tertentu.

Terdapat pengaruh sistem sanitasi terhadap kualitas air sumur dangkal terhadap perumahan tipe kecil yang diteliti. Sanitasi di Perumnas Manukan Surabaya termasuk baik karena dari lima rumah yang diteliti nilai Total Koliform berkisar 0 – 200 MPN/100mL. Sanitasi di Perumahan Pondok Benowo Indah Surabaya tidak baik dari 5 rumah yang diteliti dua rumah nilai Total Koliform berkisar 700 – 800 MPN/100mL dan tiga rumah nilai Total Koliform berkisar 8000 – 160.000 MPN/100mL. Pengolahan air hujan di perumahan yang diteliti semuanya tidak ada. Penutupan halaman di Perumnas Manukan menggunakan rumput di rumah tersebut karena nilai Total Koliform 0 MPN/100mL yang tidak berpotensi pencemaran air. Sistem sanitasi permukiman yang dibangun oleh Perumnas lebih baik dari pada sistem sanitasi permukiman yang dibangun oleh developer yang tergabung dalam Real Estate Indonesia.

Kata Kunci          : Sistem Sanitasi, Kualitas Air.

Published
2014-08-14
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 100