TEKNIK PERMAINAN DRUM PADA KARYA MUSIK “GRADASI”

  • FEZAR Adiwira ADIWIRA KUSUMARDHANI Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik - Fakultas Bahasa dan Seni UNESA

Abstract

Drum merupakan instrumen musik yang memiliki peranan penting pada sebuah komposisi musik. Fungsi utama dari instrumen ini  antara lain sebagai pengatur tempo, penggerak dinamika, variasi pukulan,serta juga dapat berfungsi untuk mempengaruhi suasana musik yang ingin dihadirkan dengan teknik-teknik permainannya.

Pada karya musik yang berjudul ”Gradasi”, fokus utama penggarapan ada pada instrumen drum dengan mengeksplorasi teknik dasar permainan drum menjadi pola permainan drum yang lebih variatif. Sehingga menjadi sebuah sajian bentuk teknik permainan drum yang menarik.

Teknik permainan drum yang digunakan pada karya musik ini  adalah single stroke, double stroke, paradidle, flam, rimshoot, hell up, hell down, dan lain sebagainya, tentunya dengan melakukan berbagai percobaan agar dapat disesuaikan dengan komposisi musik yang digarap.

Published
2012-12-21
How to Cite
ADIWIRA KUSUMARDHANI, F. (2012). TEKNIK PERMAINAN DRUM PADA KARYA MUSIK “GRADASI”. Solah, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/612
Section
Volume 1
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 18