ANALISIS TEKNIK PERMAINAN BASS I PADA KARYA MUSIK "KAU INSPIRASIKU"

  • HUSNUL Huda HUDA TAUFIQI Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik - Fakultas Bahasa dan Seni UNESA

Abstract

Manusia akan selalu berusaha untuk berpikir sesuatu,  pikiran tersebut adalah pikiran yang positif atau negatif yang akhirnya menghasilkan sebuah ide. Dalam seni, manusia akan berpikir bagaimana caranya agar bisa membuat sebuah karya seni itu menjadi indah, melalui ide-ide yang muncul dalam benak manusia tersebut yang biasa disebut juga sebuah inspirasi. Berdasarkan fenomena tersebut komposer tertarik untuk membuat sebuah karya musik yang bertema tentang inspirasi dengan irama yang semangat agar mampu mengajak audiens untuk bersemangat kembali walaupun bagaimana bentuk ujian hidup yang dilaluinya .

Karya musik ini ditampilkan dalam format ensamble yang terdiri 3 buah instrument bass elektrik, 1 buah gitar elektrik, dan drum sebagai perkusinya. Musik yang dimainkan bernuansa fusion yaitu musik dengan irama/beat campuran antara rock,pop,funk . Dalam mengekspresikan emosinya komposer memakai beragam teknik dalam permainan bass yaitu slap, tapping, vibrat , pull off , hammer on  yang dipadu dalam berbagai irama musik untuk menggambarkan suasana yang diinginkan.

Komposisi karya musik “Kau Inspirasiku" dibagi menjadi 7 bagian yang terdiri dari introduction, bagian Ak, Bk, Ck, Dk, Ek, . Bagian A berisi kalimat A , a. Bagian B berisi kalimat B, C . Bagian C berisi kalimat D. Bagian D berisi kalimat E,F,G .Bagian E berisi kalimat H dan ending. Bagian A kompleks (Ak) menggambarkan keputus asaan komposer saat menghadapi masalah dan persoalan dalam hidupnya. Bagian B kompleks (Bk) menggambarkan komposer saat mulai menemukan inspirasi dalam hidupnya. Bagian C kompleks (Ck) menggambarkan saat komposer mulai bersemangat menjalani hidup karena inspirasi dari seseorang yang disayangi. Bagian D kompleks (Dk) menggambarkan semangat komposer karena sudah mendapat inspirasi dalam menghadapi Bagian E kompleks (Ek) menggambarkan suasana komposer dalam menghadapi masalah hidupnya.
Published
2012-12-21
How to Cite
HUDA TAUFIQI, H. (2012). ANALISIS TEKNIK PERMAINAN BASS I PADA KARYA MUSIK "KAU INSPIRASIKU". Solah, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/613
Section
Volume 1
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 33