EVALUASI KINERJA PELAYANAN JASA ANGKUTAN UMUM JENIS LYN DI KOTA SURABAYA

  • MOH ATHOILLAH Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UNESA

Abstract

276
Pelayanan angkutan umum tentu sangat dibutuhkan bagi kota yang memiliki tingkat mobilitas penduduk tinggi
seperti Surabaya. Namun berdasarkan data dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya, banyak angkutan lyn
yang pada aspek frekuensi dan headwaynya tidak sesuai dengan standart. Mengingat pentinganya hal tersebut
maka perlu dilakukan penilaian terkait dengan indikator-indikator kinerja yang lain dengan durasi
pengamatan yang lebih panjang. Standart kinerja yang dijadikan pedoman pada penelitian ini adalah
keputusan Dirjen Perhubungan Darat SK.687/AJ.206/DRJD /2002. Indikator yang diamati adalah headway,
frekuensi, load factor, dan kecepatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja lyn di Kota Surabaya
dan untuk mengetahui jaringan rute lyn penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan metode
deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel untuk lyn dilakukan menggunakan teknik Purposive Sampling
dengan teknik pengambilan data melalui observasi. Peneliti menggunakan 15 sampel lyn dengan rute yang
berbeda yakni lyn D, lyn W, lyn J, lyn Y, lyn G, lyn S, lyn P, lyn BJ, lyn I, lyn Z1, lyn E, lyn JMK, lyn TWM, lyn
WB, dan lyn O. Hasil observasi akan dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dengan rating scale. Untuk
sampel penumpang diambil secara accidental Sampling dari 15 lyn tersebut sebanyak 100 penumpang dengan
teknik pengambilan data melalui wawancara dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan
prosentase. Hasil observasi menunjukkan untuk rata-rata indikator frekuensi menunjukkan nilai baik, begitu
pula headway dan kecepatan lyn, sedangkan untuk indikator load factor menunjukkan nilai sedang. Secara
keseluruhan dari hasil skoring keempat indikator tersebut menunjukkan bahwa kinerja pelayanan lyn di Kota
Surabaya masuk kategori sedang. Hasil wawancara mengungkapkan, untuk indikator load factor rata-rata
47% responden mengatakan buruk, 41% responden mengatakan sedang, dan 12% mengatakan baik, untuk
indikator kecepatan 19% responden mengatakan buruk, 26% responden mengatakan sedang, dan 54%
responden mengatakan baik. untuk indikator frekuensi dan headway 19% responden mengatakan buruk, 1%
responden mengatakan sedang, dan 80% responden mengatakan baik. Secara keseluruhan, penumpang
berpendapat bahwa kinerja lyn di Kota Surabaya masih tergolong baik. Kesimpulan dari penelitian
menunjukkan bahwa tidak ada satupun lyn yang keempat nilai indikatornya sesuai dengan standart dan sebagian besar masuk kategori sedang.

Kata Kunci : Kinerja Angkutan Lyn, Load Factor, Headway, Frekuensi, Kecepatan

Abstract

The importance of transport services would lyn is necessary for a city that has such high levels of population
mobility Surabaya. Noted for there are 30 lyn frequency indicators whose performance does not match the
standard, and for 51 lyn headway there that do not fit the standard. Given pentinganya these assessments
should be conducted related to performance indicators that other factors such as load and speed with a longer
duration of observation. Standard indicators are used as guidelines in this research is based on the decision
the Director General of Land Transportation SK.687/AJ.206/DRJD / 2002. Observed indicators are indicators
of headway, frequency, load factor, and speed. This research is descriptive quantitative survey methods.
Sampling for lyn conducted using purposive sampling technique to the data retrieval techniques through
observation. Researchers used 15 samples with different routes lyn lyn namely D, W lyn, lyn J, Y lyn, lyn G, S
lyn, lyn P, BJ lyn, lyn I, Z1 lyn, lyn E, lyn JMK, TWM lyn, lyn WB, and lyn O. The observations will be
analyzed with descriptive techniques quantitative rating scale. For samples taken incidental passenger
Sampling of 15 lyn are as many as 100 passengers with the technique of data through interviews and analyzed
using descriptive analysis techniques percentage. Results showed lyn scoring observations, of the four
indicators (frequency, headway, load factor, and speed) show that most of the performance lyn in the category
of medium and only lyn CTR is involved in the bad category. The results of the interviews revealed, for
indicators of the average load factor of 47% of respondents said poor, 41% of respondents said it was, and
12% said good indicator, speed 19% of respondents said poor, 26% of respondents said it was, and 54% of
respondents said good . for indicators headway frequency and 19% of respondents say bad, 1% of respondents
said it was, and 80% of respondents said either. This then must be addressed for future lyn could really be a
solution that can solve or reduce the problem of transportation in the city of Surabaya.

Keywords: Lyn Transport Performance, Load Factor, Headway, Frequency, Speed.

Published
2013-01-25
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 73 PDF Downloads: 0