PERBEDAAN MEMAHAMI WILAYAH INDONESIAANTARA SISWA SMA NEGERI DI PERKOTAAN DAN PEDESAAN(SMA Negeri 1 Bojonegoro dan SMA Negeri 1 Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro)

  • SERLITA DIAN SAVITRI

Abstract

Abstrak
Generasi penerus bangsa yang berkualitas, adalah generasi penerus bangsa yang mempunyai kepedulian terhadap
negara. Hal tersebut dikarenakan Indonesia terdiri atas daratan dan perairan yang sangat luas. Dalam memahami wilayah
Indonesia yang sangat luas diperlukan media yaitu berupa peta. Diharapkan siswa dapat memahami wilayah Indonesia di
luar kepalanya (kognitif mapping). Kemampuan peta kognitif seseorang di pengaruhi oleh beberapa faktor antara lain
perbedaan gender dan kondisi ekonomi. Dengan mengacu hal tersebut, peneliti akan mengambil subjek penelitian berupa
siswa di daerah perkotaan dan pedesaan.Penelitian ini penting dilakukan sebagai salah satu bentuk integritas bangsa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan memahami wilayah Indonesia antara siswa SMA Negeri
perkotaan dan pedesaan di Kabupaten Bojonegoro, untuk mengetahui perbedaan memahami wilayah Indonesia antara
siswa laki – laki di wilayah perkotaan dan pedesaan, untuk mengetahui perbedaan memahami wilayah Indonesia antara
siswa perempuan di wilayah perkotaan dan pedesaan, untuk mengetahui perbedaan memahami wilayah Indonesia antara
siswa yang termasuk dalam ekonomi tinggi di daerah perkotaan dan pedesaan, dan untuk mengetahui perbedaan
memahami wilayah Indonesia antara siswa yang termasuk dalam ekonomi rendah di daerah perkotaan dan pedesaan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian survei. Lokasi penelitian dilakukan di SMA N 1 Bojonegoro (yang mewakili
daerah perkotaan) dan SMA N 1 Sumberrejo (yang mewkili daerah pedesaan).Populasi yang digunakan sejumlah 204 siswa.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 131 siswa.Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan
data dengan menggunakan pemberian angket pada siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan program
SPSS 16.0 for windows. Uji statistik yang digunakan untuk mengetahui perbedaan dengan menggunakan uji t-test sampel
bebas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam memahami wilayah Indonesia antara siswa di
perkotaan dan pedesaan. Siswa di daerah perkotaan lebih banyak menjawab benar (Sig 0.94) dan Sig.(2.tailed) 0.000.
Siswa laki – laki di daerah perkotaan lebih banyak menjawab dengan benar (Sig 0.418) dan Sig.(2.tailed) 0.000. Siswa
perempuan di daerah perkotaan lebih banyak menjawab benar (Sig 0.319) dan Sig.(2.tailed) 0.001. Siswa yang termasuk
dalam ekonomi tinggi di pekotaan lebih banyak menjawab benar dari pada siswa yang termasuk dalam ekonomi tinggi di
pedesaan (Sig 0.418) dan Sig.(2.tailed) = 0.001. Siswa yang termasuk dalam ekonomi rendah di pekotaan lebih banyak
menjawab benar dari pada siswa yang termasuk dalam ekonomi rendah di pedesaan (Sig 0.081) dan Sig.(2.tailed) = 0.000.

Kata Kunci : faktor perbedaan gender, faktor tingkat ekonomi, perbedaan dalam memahami wilayah Indonesia antara
siswa SMA Negeri di perkotaan dan pedesaan.

Abstract

The next generation, it is generation has a concern for the country. That is because Indonesia consists of land and
waters are very broad. In understanding the vast Indonesian territory required media in the form of a map. Students are
expected to understand the Indonesian region outside their mind (cognitive mapping). The ability of a person's cognitive
map is influenced by several factors, such as gender differences and economic conditions. With reference to this, the
researchers will take the form of research subjects students in urban and rural areas. This research is important as one of
the nation's integrity.
The purpose of this study was to determine the difference between the students understanding of Indonesian territory of
urban and rural high schools in Bojonegoro, to know the difference between male students understanding of parts of
Indonesia in urban and rural areas, to find out the difference between the female students understanding of Indonesian
territory in urban areas and rural, to know the difference between the students understanding of Indonesian territory which
includes the high economic in urban and rural areas, and to know the difference between students understanding of parts of
Indonesia are included in the low economy in urban and rural areas.
This type of research is a survey research. Location of the research conducted in SMA N 1 Bojonegoro (representing
urban areas) and SMA N 1 Sumberrejo (which representing rural areas). The population number of 204 students. The
samples in this study were 131 students. The selection of the sample using purposive sampling. Techniques of data collection
using questionnaires on student administration and documentation. Techniques of data analysis using SPSS 16.0 for
Windows. Statistical tests were used to determine differences using t-test independent samples.
Results of this study indicate that there is a difference in understanding the Indonesian territory between urban and
rural students. Students in urban areas more correct answer (Sig 0.94) and Sig. (2.tailed) 0000. Male students - men in
urban areas more correct answer (Sig 0.418) and Sig. (2.tailed) 0000. Female students in urban areas more correct answer
(Sig 0.319) and Sig. (2.tailed) 0001. Students were included in the high economic pekotaan more correct answer from the
students included in the economy in the urban (Sig 0.418) and Sig. (2.tailed) = 0.001. Students are included in the low
economic pekotaan more correct answer from the students who are included in the low economy in rural (Sig 0.081) and
Sig. (2.tailed) = 0.000

Keywords: gender differences factors, the level of economic factors, the difference in the Indonesian region between State
high school students in urban and rural areas.
58

Published
2013-05-15
Section
Articles
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 40