PENGEMBANGAN HAND-OUT GEOGRAFI BERBASIS PENANGGULANGAN BENCANA MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TRAWAS

  • RATNA WIDYANINGSIH

Abstract

Abstrak

Bahan ajar Geografi yang ada selama ini dinilai kurang dapat menjabarkan apa yang diperlukan dan yang penting dibutuhkan bagi peserta didik di daerah-daerah  rawan bencana. Diperlukan materi khusus mengenai kebencanaan terhadap lingkungan sekitar yang teringrasi dalam mata pelajaran Geografi yang sekaligus merupakan perubahan terhadap bahan ajar kelas yang sangat penting, sehingga para peserta didik tahu informasi lain tentang dampak, dan juga cara menghadapi bencana. Informasi yang didapatkan peserta didik harus dapat dipahami dengan mudah dengan pengaplikasian lingkungan yang tidak rumit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan isi hand-out Geografi berbasis kebencanaan melalui pembelajaran CTL kelas XI yang telah dikembangkan dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap hand-out Geografi berbasis kebencanaan melalui pembelajaran CTL pada  kelas XI yang dijadikan penelitian.

Penelitian ini merupakan penelitian  pengembangan. Subyek penelitian adalah hand-out Geografi kompetensi dasar 3.2 menganalisis pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan. Sasaran ujicoba yaitu peserta didik-siswi kelas XI SMA Negeri 1 Trawas semester genap tahun ajaran 2012-2013. Tahap yang dilakukan pada penelitian pengembangan ini adalah (1) studi pendahuluan, (2) merencanakan penelitian, (3) pengembangan desain, (4) uji lapangan terbatas, (5) revisi hasil uji lapangan terbatas, (6) uji lapangan, (7) revisi hasi uji lapangan lebih luas, (8) operational field testing, dan (9)revisi akhir. Instrumen penelitian yang digunakan adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajara), hand-out, tes hasil belajar, lembar telaah dosen dan guru Geografi, angket respon peserta didik, dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan  metode observasi, tes dan angket.

Hasil penelitian ini berupa hand-out dengan karakteristik hand-out yang dihasilkan adalah hand-out yang sesuai dengan standart isi, kontekstual dengan memperhatikan kondisi lingkungan sekitar tempat peserta didik, penyertaan penggambaran materi. Hand-out yang dikembangkan dinilai layak oleh ahli materi, ahli bahan ajar dan ahli bahasa melalui validasi hand-out dengan prosentase kelayakan isi (92,28%), kelayakan penyajian (80,56%), dan kelayakan bahasa (90,625%). Hal ini juga didukung dengan interpretasi skor olah angket respon peserta didik pada kriteria kesesuaian materi sebesar 92,45% (sangat layak), kesesuaian penyajian fisik sebesar 91,59% (sangat layak), dan kesesuaiian bahasa sebesar 93,29% (sangat layak).

Kata kunci : Penelitian dan Pengembangan, Bahan Ajar, Hand-out

Abstrak

Geography teaching materials have so far considered less able to describe what is necessary and essential needs for students in disaster-prone areas. Required special materials on disaster for the environment in which teringrasi Geography subjects which constitute a change to the teaching materials are a very important class , so the students know about the impact of other information , and also how to cope with disasters . Information obtained learners must be understood easily by the application of complex environments . The aims of the study is how to know about feasibility of hand-out content -based disaster through learning Geography class XI CTL that have been developed and to study the response of the students to hands-on learning through a geography -based disaster CTL in class XI who made ​​the study .

This is a research and development metode. The subjects were hand-out basic 3.2 Geography competence analyze environmental protection in relation to sustainable development . Target trials that students XI - grade student of SMA Negeri 1 Trawas semester 2012-2013 school year . Stage of the research conducted in this development are (1) research and information collecting, (2)planing , (3) develop preliminary form of product, (4 preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing, (7) operational product revision , (8) operational field testing, and (9) final product revision. the research instrument used is the syllabus, archive of planning teaching, hand - outs, tests of learning outcomes, study sheets geography lecturer and teacher, student questionnaire responses, and observation sheets . data collection techniques using the method of observation , tests and questionnaires .

The results of this study in the form of hand-out to the characteristics of the resulting hand-out hand-out is in accordance with the content standards , with attention to the contextual environment around the learners , inclusion depiction of the material . Hand - outs that are developed by experts judged worthy material , expert linguists teaching materials and hand-outs through validation with eligibility percentage content ( 92.28 % ) , the feasibility of the presentation ( 80.56 % ) , and the feasibility of the language ( 90.625 % ) . It is also supported by the interpretation of the score if the questionnaire responses of students in the material suitability criteria for 92.45 % ( very decent ) , the suitability of the physical presentation of 91.59 % ( very decent ) , and amounted to 93.29 % kesesuaiian language ( very decent ) .

Keywords : Research and Development , Instructional Materials , Hand - out

Published
2014-01-15
Abstract Views: 181
PDF Downloads: 190