EVALUASI TERHADAP LOKASI GEDUNG SEKOLAH SLTA DI KECAMATAN SAMBENG KABUPATEN LAMONGAN

  • HIDAYATUR ROFIAH Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UNESA

Abstract

Salah satu upaya untuk mengembangkan kehidupan yang lebih sejahtera, di Indonesia adalah dengan
meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan yaitu dengan meningkatkan kualitas dan
pemerataan. Kecamatan Sambeng memiliki jumlah anak usia sekolah pada jenjang SLTA (16-18 tahun)
sebanyak 3.287 dan yang bersekolah di SLTA hanya sebanyak 625 anak (19%). Berdasarkan hal ini maka
perlu diadakan penelitian terkait dengan hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui
kecukupan ketersediaan sarana dan prasarana gedung SLTA di Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan,
2) untuk mengetahui kesesuaian lokasi gedung SLTA di Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan, dan 3)
untuk mengetahui hubungan jarak antara tempat tinggal penduduk dengan lokasi gedung terhadap
pemilihan sekolah SLTA di Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan. Subjek penelitian ini adalah lokasi
gedung sekolah SLTA di Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan. Teknik pengambilan data dilakukan
dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara : 1) untuk menghitung
kecukupan ketersediaan sarana dan prasarana gedung sekolah SLTA menggunakan perhitungan
berdasarkan Permendiknas No.24 tahun 2007, 2) untuk mengetahui kesesuaian lokasi gedung sekolah
menggunakan analisis SIG, dan 3) untuk mengetahui hubungan jarak antara tempat tinggal penduduk
dengan lokasi gedung terhadap pemilihan sekolah SLTA dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil
penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Perhitungan yang didasarkan pada Permendiknas No.24 tahun
2007 menunjukkan bahwa jumlah kecukupan ruang kelas yang dibutuhkan sebanyak 60 buah, sedangkan
ruang kelas yang ada baru 30 ruang, sehingga masih ada kekurangan 30 ruang kelas atau 1 sekolah. Untuk
SMA Kosgoro sarana dan prasarana sekolah masih kurang memadai, sedangkan untuk SMK Negeri sudah
memadai. 2) Berdasarkan analisis SIG menunjukkan bahwa lokasi sekolah SMA Kosgoro masuk dalam
kategori sangat sesuai dan SMK Negeri termasuk dalam kategori sesuai. 3) Yang menentukan pilihan sekolah
adalah kualitas sekolah, bukan jarak dari tempat tinggal penduduk menuju lokasi gedung sekolah

Kata Kunci: Sarana dan Prasarana, Lokasi gedung sekolah, Jarak.

Abstract

One effort to develop a more prosperous life in Indonesia is to improve the quality of human resources
through education is to improve the quality and equity of education. Sub Sambeng have the number of
children of school age to senior secondary level (16-18 years) 3287 and as a senior secondary school in as
many as 625 children (19%). Based on this we need to hold the research related to it. The purpose of this
study were 1) to determine the adequacy of the availability of facilities and infrastructure in the district high
school building Sambeng Lamongan, 2) to assess the suitability of the location of buildings in the district
high school Sambeng Lamongan, and 3) to determine the relationship between the distance to the location of
the shelter building to senior high schools in the district election Sambeng Lamongan. The subject of this
study is the location of the school buildings in the district high school Sambeng Lamongan. The technique of
data collection is done by observation and documentation. Techniques of data analysis done by: 1) to
calculate the adequacy of the availability of facilities and infrastructure senior high school building using
calculations based Permendiknas 24 in 2007, 2) to assess the suitability of the location of school buildings
using GIS analysis, and 3) to determine the relationship between the distance living residents with the
location of buildings on the school election quantitatively analyzed descriptively high school. The results of
this study are as follows: 1) Calculation based on 24 Permendiknas 2007 showed that the number of
classrooms needed adequacy of 60 pieces, while existing classrooms only 30 rooms, so there was a shortage
of 30 classroom or one school. For SMA Kosgoro school facilities and infrastructure is still inadequate,
while SMK sufficient. 2) Based on GIS analysis shows that the location of high schools in the category
Kosgoro very appropriate and SMK are included in the appropriate category. 3) What determines the choice
of school is a quality school, not the distance from the residence to the location of the school population.

Keywords: Infrastructure, Location of school buildings, distance.

Published
2013-01-17
Section
Articles
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 122 PDF Downloads: 0