PENGETAHUAN, SIKAP DAN PARTISIPASI MASYARAKAT LOKAL DALAM UPAYA PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KABUPATEN BANYUWANGI

  • MARIFATUL KHOLIFAH

Abstract

Abstrak

    Upaya pengembangan pariwisata di Kabupaten Banyuwangi masih belum berhasil karena sektor pariwisata Kabupaten Banyuwangi sampai saat ini belum memperlihatkan hasil yang baik terbukti dengan peringkat Kabupaten Banyuwangi yang masih berada pada posisi 14 dari 37 kabupaten di Jawa Timur. Oleh sebab itu, adanya keterlibatan dari semua pihak terutama masyarakat sangat diperlukan karena keterlibatan masyarakat akan menyebabkan timbulnya dukungan terhadap industri pariwisata, sehingga industri pariwisata tersebut dapat berkembang dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal.

   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat dalam bidang kepariwisataan, sikap masyarakat terhadap upaya pengembangan pariwisata di Kabupaten Banyuwangi serta partisipasi masyarakat lokal dalam upaya pengembangan pariwisata di Kabupaten Banyuwangi.

   Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan jumlah responden sebanyak 120 orang yang tinggal di sekitar 8 objek wisata yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan cara skoring.

    Berdasarkan hasil penelitian, tingkat pengetahuan masyarakat di Kabupaten Banyuwangi dalam bidang kepariwisataan secara umum tergolong rendah. Secara khusus sebanyak 44,17 % masyarakat menjawab pengertian pariwisata sebagai kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, 43,33 % menjawab manfaat pariwisata adalah memberikan peluang dan akses usaha bagi masyarakat, 47,5 % menjawab objek wisata adalah tempat yang disinggahi seseorang atau sekelompok orang karena memiliki daya tarik, 40,83 % menjawab manfaat keberadaan objek wisata adalah memajukan wilayah tempat tinggal di sekitar objek wisata, dan 60 % masyarakat menjawab cara melestarikan objek wisata adalah dengan membantu menciptakan lingkungan yang aman disekitar objek wisata. Untuk sikap masyarakat terhadap upaya pengembangan pariwisata di Kabupaten Banyuwangi, dari hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum masyarakat setuju terhadap upaya pengembangan pariwisata. Secara khusus sikap masyarakat lokal di Kabupaten Banyuwangi terhadap objek wisata di daerah sekitarnya adalah tergolong baik dengan jumlah skor 899, sikap masyarakat lokal di Kabupaten Banyuwangi terhadap pengembangan pariwisata di Kabupaten Banyuwangi adalah tergolong cukup baik  dengan jumlah skor 766, dan sikap masyarakat lokal di Kabupaten Banyuwangi terhadap kondisi objek wisata di daerah sekitarnya adalah tergolong baik dengan jumlah skor 1262. Sedangkan untuk hasil penelitian partisipasi masyarakat diperoleh hasil partisipasi masyarakat lokal dalam upaya pengembangan pariwisata di Kabupaten Banyuwangi secara umum tergolong rendah sekali dengan total skor 645.

Kata kunci : Pengetahuan masyarakat, sikap masyarakat, partisipasi masyarakat

Published
2014-08-22
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 462