PAPERTOYS SEBAGAI MEDIA BELAJAR CERITA RAKYAT UNTUK ANAK TK BINA INSANI

  • RISYA RUSDYANA

Abstract

Pemilihan dan penggunaan media sangat berperan penting dalam dunia pendidikan. Media pembelajaran yang tepat dapat mempertinggi kualitas proses pembelajaran dan meningkatkan kualitas hasil belajar pada siswa. Penelitian ini membantu guru di taman kanak-kanak untuk mengembangkan media belajar terutama pada pelajaran bercerita yang sebelumnya menggunakan buku kemudian dikembangkan dengan media tiga dimensi yaitu papertoys. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pembuatan, penerapan, dan hasil ujicoba media papertoys sebagai pengembangan media pembelajaran tentang cerita rakyat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Tahap pembuatan media papertoys yaitu dengan menganalisis kebutuhan siswa, kemampuan siswa, isi atau materi, membuat desain awal produk, validasi ahli, revisi produk, uji coba dan pemakaian media papertoys. Kriteria yang diamati adalah memperhatikan cerita, bertanya, menjawab pertanyaan, menyebutkan tiap tokoh, menceritakan kembali serta merakit papertoys. Penelitian pertama diuji cobakan pada 10 anak yang dipilih secara acak dengan prosentase yang dicapai 52%, pertemuan kedua uji pemakaian pada satu kelas 17 anak dengan prosentase yang dicapai 81.17%. Maka dapat dikatakan penerapan media di pertemuan kedua sangat baik dan efektif

Kata Kunci: media, papertoys, cerita rakyat.

The selection and use of media is very important in the world of education. Good learning media can enhance the quality of the learning process that can improve the quality of student learning outcomes. This research helped teachers in kindergarten to develop a learning media, especially in subjects who had previously use the book and then developed with a three-dimensional media is papertoys. The purpose of this study is to determine the process of making, implementation, and effectiveness papertoys media as a developing media of learning about of folklore. The method used in this research is the development of research methods and techniques of data collection by observation, interviews, and documentation.

Phase-making papertoys media by analyzing the needs of the student, the student's ability, content or materials, create the initial product design, expert validity, product revision, testing and use of media papertoys. The criteria measured were attention to the story, asking, answering questions, said each character, retelling the story and assemble papertoys. The first study tested on 10 randomly selected children with the percentage reached 52%, the test on the second meeting of the class of 17 children with a percentage of 81.17% is achieved. It can be said at the second meeting of media application is very good and effective

Key words: media, papertoys, folklore

Published
2014-11-12
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 505