Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar » Vol 1 Nomer 1 (2013)
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN BERINGIN KECAMATAN SAMBIKEREP SURABAYA
HENING RACHWARDHANI,
Abstrak

Abstrak: Salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Dasar (SD) ialah Ilmu Pengetahuan Sosial. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Berdasarkan hasil observasi awal terhadap pembelajaran IPS kelas IV SDN Beringin Surabaya ditemukan bahwa guru menyajikan materi secara verbal (lisan), tidak menggunakan media pembelajaran, jarangan berinteraksi dengan siswa, jarang memberi kegitan kelompok pada siswa, serta kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan  respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media gambar dalam model pembelajarna langsung untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Beringin Surabaya.  Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus dilaksanakan selama 1 pertemuan. Kedua siklus tersebut terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan respon siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas guru padasiklus I memperoleh 68,8%, siklus II memperoleh 84,4% dan siklus III memperoleh 92,2%. Persentase aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 62,5%, siklus II memperoleh 76,8% dan siklus III memperoleh 89,3%. Persentase Ketuntasan Klasikal siswa berdasarkan hasil tes siswa diperoleh penjabaran sebagai berikut : siklus I memperoleh persentase sebesar 66,7%, siklus II sebesar 76,7% dan siklus III  sebesar 86,7%. Respon siswa digunakan untuk mengetahui kendala-kendala yang muncul pada saat pembelajaran berlangsung. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dalam model model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Beringin Surabaya.

Kata Kunci :   media gambar, model pembelajaran langsung, IPS

 

Abstract: Social Studies is one of subject in Ementary School. Based on observation to 4th of public school of Beringin 477 (SDN Beringin 477) most teacher just used oral explanation in teaching IPS. They don’t use any media, have limited interaction with student and rarely give group project, all activities are dominated by teacher or we can say “teacher oriented”, student’s activites, student’s result and feedback of students to learning process use picture media to increase the student’s achievement in IPS/Sociology Subjek of SDN Beringin Surabaya. The research is Class Action Reasearch (CAR). It will  be performed in 3 steps. Every steps will be done in every 1 meeting. The second steps consite of planning, implementing observation and reflection, testand students feed back. Data collection technique will be analyse with descriptive quality and quantitative technique. Result of research indicate that activity percentage learn padasiklus I obtain;get 68,8%, cycle II obtain;get 84,4% and cycle III obtain;get 92,2%. student Activity percentage at cycle I obtain;get 62,5%, cycle II obtain;get 76,8% and cycle III obtained 89,3%. Clasical persentase completemen Student pursuant to result tes student obtained a the following formulation : cycle I obtain;get percentage equal to 66,7%, cycle II equal to 76,7% and cycle III equal to 86,7%.  Students responses used to find out some difficulties in learning process. The conclution is using picture canincrease students schievement in subject for 4th graders of SDN Beringin 477.

Keywords : picture, direct learning models, Social Studies

Baca Artikel | Lihat di web OJS