Analisis Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Jenius dengan Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) berdasarkan Perspektif Pengguna

  • Eva Istianah Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Wiyli Yustanti Program Studi Sistem Informasi, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kepuasan Pengguna, Aplikasi Jenius, End-User Computing Satisfaction (EUCS)

Abstract

Aplikasi Jenius merupakan aplikasi perbankan revolusioner yang telah dilengkapi kartu kredit Visa guna membantu nasabah saat melakukan aktivitas finansial dari satu tempat atau smartphone, seperti halnya menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan agar lebih aman, cerdas, dan simple. Selama pandemic Covid-19, jumlah pengguna aplikasi Jenius terus meningkat, sehingga dilakukan penilaian kepuasan pengguna pada aplikasi Jenius yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan suatu aplikasi serta menjadikan bahan evaluasi perusahaan dalam meningkatkan layanan aplikasi. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna dan mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi jenius. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online kepada pengguna aplikasi jenius yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya menggunakan teknik pengambilan sampel khusus pada sampel 100 responden. Kuesioner disusun dengan menggunakan dimensi metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis Chi Square. Hasil, 1) Dapat ditentukan dari data survey yang diolah bahwa perhitungan range tertinggi 4,58 sedangkan nilai terendah range 3,80 yang berarti pengguna terhadap aplikasi Jenius berada dalam kategori Sangat Puas 2) Hasil yang didapatkan dari perhitungan uji chi square yaitu, terdapat 31 hipotesis awal ditolak dan 17 hipotesis awal diterima. Artinya terdapat 31 faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna aplikasi Jenius.

Published
2022-07-06
Section
Articles
Abstract View: 376
PDF Download: 310