https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/issue/feed Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI) 2022-08-01T01:50:20+00:00 Ghea Sekar Palupi jeisbi@unesa.ac.id Open Journal Systems https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/47740 Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile 2022-07-05T05:45:59+00:00 Fadilah Candra Wardana fadilah.18060@mhs.unesa.ac.id I Gusti Lanang Putra Eka Prismana lanangprismana@unesa.ac.id <p>UNESA merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang menghadirkan sebuah aplikasi sebagai pendukung penyelenggaraan pendidikan kepada seluruh civitas akademik yaitu Siakadu Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk membantu memaksimalkan pengguna dalam menjalankan dan mendapatkan informasi akademik pada aplikasi Siakadu Mahasiswa. Metode yang digunakan adalah <em>Design Thinking.</em> Metode ini digunakan untuk melakukan pendekatan berbasis solusi yang akan digunakan untuk penyelesaian masalah, Dengan cara memahami pengguna Aplikasi untuk mendefisinikan masalah yang ada kemudian akan dijadikan sebuah solusi untuk memecahkan masalah yang ada, hasilnya yaitu banyak permasalahan yang dikeluhkan oleh pengguna kemudian disaring oleh penulis yang menghasilkan 10 permasalahan yang akan dibuatkan penyelesaian masalah. Penelitian ini menggunakan <em>Maze Design </em>sebagai pengujian <em>Usability Testing </em>terhadap desain antarmuka yang telah dibuat. Pada penerapan <em>Usability Testing</em>, penulis akan mencari responden untuk mencoba desain antarmuka dengan tugas dan skenario yang telah disediakan, hasilnya yaitu responden berhasil menyelesaikan hampir seluruh tugas skenario pengujian pada desain baru</p> 2022-07-05T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/47745 Implementasi Algoritma Apriori pada Transaksi Penjualan dan Pembelian di Toko Bangunan Berbasis Website 2022-07-05T05:55:04+00:00 Muhammad Salman Al Faridzi muhammad.18070@mhs.unesa.ac.id Dedy Rahman Prehanto dedyrahman@unesa.ac.id Dedy Rahman Prehanto dedyrahman@unesa.ac.id <p>&nbsp;Toko Bangunan UD. Harjo bergerak dibidang penjualan bahan bangunan. Toko ini berdiri sejak tahun 1995 yang terletak di Desa Lebaksono, Kecamatan Pungging, Mojokerto. Permasalahan yang sering ditemukan pada suatu toko dimana sering terjadinya stok barang menumpuk karena kurangnya minat pelanggan terhadap barang tersebut atau terdapat suatu barang yang banyak dicari namun tidak tersedia stok barang yang cukup. Pemilik usaha perlu memikirkan strategi untuk untuk permasalahan seperti ini guna menjaga kepuasan tiap pelanggannya. Namun tidak mudah menentukan sebuah strategi penjualan banyak hal yang harus diperhatikan dan dituntut untuk membuat keputusan dalam waktu singkat. Untuk memudahkan pengambilan keputusan saat membuat strategi penjualan dapat dilakukan dengan bantuan penggunaan teknologi informasi agar lebih efektif. <em>Data mining</em> adalah salah satu cara yang dapat digunakanan untuk mengolah kumpulan data yang ada di toko bangunan UD. Harjo. Data transaksi yang didapatkan dari transaksi penjualan dapat diolah dan dianalisis diantaranya dengan menggunakan algoritma apriori. Dengan analisa apriori dapat dilakukan pembentukan kombinasi item yang nantinya akan menghasilkan aturan asosiasi yang dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan strategi penjualan pada toko bangunan&nbsp; UD. Harjo. Analisa yang dilakukan dengan Algoritma Apriori terhadap 30 data transaksi toko bangunan UD. Harjo menghasilkan 11 aturan asosiasi berdasarkan parameter dengan nilai minimum <em>support</em> 10%, minimum <em>confidence</em> 55%, serta mendapatkan nilai<em> lift ratio</em> &gt; 1 yang berarti aturan yang dihasilkan mempunyai korelasi positif. Penerapan Algoritma Apriori ke dalam sistem informasi toko bangunan UD. Harjo menghasilkan <em>output</em> analisa yang sama dengan hasil analisa yang dilakukan secara manual. Hal ini berarti bahwa sistem yang dibangun menghasilkan data yang tepat dan dapat digunakan dalam membentuk strategi penjualan toko bangungan UD. Harjo.</p> 2022-07-05T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/47750 Rancang Bangun Aplikasi Tracking Kripto “Dompet Kripto” Berbasis Web 2022-07-05T06:09:03+00:00 Steve Sebastian Pussung stevepussung16051214017@mhs.unesa.ac.id Ardhini Warih Utami ardhiniwarih@unesa.ac.id <p>Aplikasi “Dompet Kripto” merupakan aplikasi tracking kripto yang memiliki fitur untuk memberi informasi mengenai pasar kripto yang terbaru dan mencatat aset portofolio kripto beserta catatan riwayat transaksi yang dimiliki oleh pengguna aplikasi, aplikasi ini dibuat untuk menambahkan wawasan masyarakat mengenai mata uang kripto dimana aplikasi ini menyediakan fitur-fitur dan informasi yang tidak kalah dengan website-website besar diluar sana. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan metode <em>Object Oriented Analysis Design </em>dan dikembangkan sebagai aplikasi website menggunakan bahasa pemrogramman HTML, CSS dan Javascript untuk <em>client-side</em> dan bahasa pemrogramman PHP untuk bagian <em>server-side. </em>Aplikasi ini menggunakan data yang diambil dari <em>Application Programming Interface</em> (API) coinmarketcap sebagai pusat data-data kripto yang ada di dalam aplikasi seperti nama koin, harga koin dan juga perkembangan koin tersebut dalam suatu waktu tertentu. Aplikasi yang dibuat juga mendukung tampilan layar lebar seperti monitor koputer dan juga layar kecil seperti layar <em>handphone</em> untuk memudahkan penggunaan aplikasi dengan harapan memperluas kalangan masyarakat yang dapat menggunakan aplikasi ini dan juga memperluas wawasan mengenai mata uang kripto di indonesia saat ini.</p> 2022-07-05T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/47822 Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Metode Webqual 4.0 2022-07-06T03:08:21+00:00 Riska Wahyuni Ainun Rohma riska.17051214016@mhs.unesa.ac.id I Kadek Dwi Nuryana dwinuryana@unesa.ac.id <p>Sistem Informasi Kepegawaian (SIK) merupakan website yang digunakan oleh Distrik Navigasi Kelas I Surabaya dalam menyimpan seluruh data pegawainya. Penelitian ini menggunakan metode webqual karena metode ini termasuk salah satu metode yang digunakan untuk mengukur kualitas suatu <em>website</em> yang menggunakan dimensi <em>Usability </em>(U)<em>, Information Quality </em>(IQ)<em>, </em>dan<em> Interactin Services Quality </em>(IS) yang dapat menjawab kebutuhan pengguna dalam layanan website. Penelitian ini dilakukan di Distrik Navigasi Kelas I Surabaya. Populasi dan sampel digunakan untuk memperoleh fakta dan masalah dari sudut pandang pengguna akhir Sistem Informasi Kepegawaian (SIK). Adapun metoda dalam penelitian ini menggunakan metoda survey berbasis kuesioner dan sampel didapatkan menggunakan rumus slovin yang menghasilkan sebanyak 147 responden dari seluruh <em>end user</em> Sistem Informasi Kepegawaian (SIK). Hasil penelitian ini yang signifikan adalah dimensi <em>Interaction Services</em> terhadap <em>Website Service Quality</em>, hal tersebut berarti perlu adanya perhatian terhadap interaksi layanan pada Sistem Informasi Kepegawaian (SIK). Oleh karena itu pada penelitian ini memberikan rekomendasi perbaikan layanan Sistem Informasi Kepegawaian (SIK) supaya kedepannya <em>website</em> dapat berkembang lebih baik. Berdasarkan aspek <em>interaction services</em>, hal tersebut dapat memberi masukan kepada pengembang <em>website</em> supaya meningkatkan kualitas interaksi salah satunya pelayanan terhadap keluhan seputar website dapat ditingkatkan.</p> 2022-07-06T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/47882 Analisis Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Jenius dengan Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) berdasarkan Perspektif Pengguna 2022-07-06T08:08:05+00:00 Eva Istianah eva.17051214053@mhs.unesa.ac.id Wiyli Yustanti wiyliyustanti@unesa.ac.id <p>Aplikasi Jenius merupakan aplikasi perbankan revolusioner yang telah dilengkapi kartu kredit Visa guna membantu nasabah saat melakukan aktivitas finansial dari satu tempat atau <em>smartp</em><em>hone</em>, seperti halnya menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan agar lebih aman, cerdas, dan simple. Selama pandemic Covid-19, jumlah pengguna aplikasi Jenius terus meningkat, sehingga dilakukan penilaian kepuasan pengguna pada aplikasi Jenius yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan suatu aplikasi serta menjadikan bahan evaluasi perusahaan dalam meningkatkan layanan aplikasi. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna dan mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi jenius. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara <em>online</em> kepada pengguna aplikasi jenius yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya menggunakan teknik pengambilan sampel khusus pada sampel 100 responden. Kuesioner disusun dengan menggunakan dimensi metode<em> End User Computing Satisfaction</em> (EUCS). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis Chi Square. Hasil, 1) Dapat ditentukan dari data survey yang diolah bahwa perhitungan <em>range </em>tertinggi 4,58 sedangkan nilai terendah <em>range </em>3,80 yang berarti pengguna terhadap aplikasi Jenius berada dalam kategori Sangat Puas 2) Hasil yang didapatkan dari perhitungan uji chi square yaitu, terdapat 31 hipotesis awal ditolak dan 17 hipotesis awal diterima. Artinya terdapat 31 faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna aplikasi Jenius.</p> 2022-07-06T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/47971 Model Kepuasaan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika UNESA terhadap Digital Library dengan Pieces Framework, Usability Testing, dan Information System Success 2022-07-07T07:20:39+00:00 Mochamad Ghozy Satur Panama mochamad.17051214045@mhs.unesa.ac.id I Kadek Dwi Nuryana dwinuryana@unesa.ac.id <p>Universitas Negeri Surabaya memiliki perpustakaan digital atau yang disebut juga dengan Digilib Unesa mempunyai berbagai macam layanan, ruang, dan dukungan untuk anggota akademis termasuk mahasiswa. Adanya Digilib tentunya memudahkan mahasiswa dalam mencari berbagai referensi seperti buku hingga penelitian terdahulu khususnya yang sedang menempuh semester akhir dan mengerjakan tugas akhir yang memerlukan berbagai macam referensi. Melihat pentingnya layanan ini tentunya membutuhkan pengembangan secara berkala agar dapat terus meningkatkan layanan yang dimiliki. Salah satu masalah penting ialah masalah tingkat kepuasan pengguna Digilib. Maka dari itu perlu adanya analisis kepuasan mahasiswa jurusan teknik informatika UNESA terhadap Digilib untuk menentukan kepuasan pengguna, kenyamanan pengguna, kecepatan pencarian informasi, dan kemudahan saat mengakses Digilib Unesa. Penelitian ini mengadopsi variabel dari <em>framework </em>PIECES, <em>Usability Testing</em>, dan <em>Information System Success </em>yang akan digunakan sebagai indikator dalam instrumen penelitian. Analisa data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan <em>Structural Equation Model </em>(SEM) menggunakan IBM SPSS AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel <em>Information and Data </em>serta <em>Performance </em>memberikan pengaruh positif terhadap variabel dependen <em>Attractiveness </em>yang berarti pengguna tertarik dalam menggunakan Digilib Unesa karena mempunyai website yang stabil, menyajika informasi dan data yang tepat serta <em>user interface </em>yang menarik dengan hubungan antar variabel dapat dijelaskan sebesar 76,8%. Adapun pengaruh positif variabel independen <em>Performance </em>dan <em>Attractiveness </em>terhadap variabel dependen <em>Information System Success </em>yang berarti bahwa pengguna merasa puas dengan pelayanan Digilib Unesa karena memiliki performa website yang baik, mudah diakses, dan mudah dipelajari dengan hubungan antar variabel sebesar 51,8%.</p> 2022-07-07T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/48368 Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran (SIP) Business Intelligence Berbasis WEB-GIS pada PT.SPINDO Tbk 2022-07-13T03:37:21+00:00 Rahadi Mulyo Widagdo rahadiwidagdo16051214025@mhs.unesa.ac.id Ardhini Warih Utami ardhiniwarih@unesa.ac.id <p>Business intelligence merupakan suatu aplikasi yang berguna untuk melakukan analisis dan juga melakukan pengelolaan data menjadi informasi yang akan dapat digunakan sebagai pendukung keputusan dalam bisnis suatu perusahaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk merancang suatu sistem informasi pemasaran berupa business intelligence berbasis web-gis pada PT.SPINDO Tbk yang dikembangkan dengan menggunakan metode scrum. <em>Geographic Information System (GIS) </em>ini ditampilkan dalam bentuk <em>website (Web-GIS) yang </em>digunakan untuk menampilkan pemetakan area penjualan berdasarkan data penjualan pada perusahaan. Pada penelitian ini aplikasi dibangun menggunakan metode <em>Scrum</em> sebagai metode pengembangan perangkat lunak. Metode <em>Scrum</em> memiliki tahapan yang sangat terstruktur, bersifat perulangan dan juga mampu untuk melibatkan partisipasi <em>stakeholder</em> secara aktif. <em>Stakeholder</em> dapat melakukan evaluasi terhadap aplikasi pada saat melakukan proses pengembangan, sehingga memungkinkan bagi tim pengembang untuk mampu mengembangkan aplikasi sesuai dengan kebutuhan <em>stakeholder</em> dalam jangka waktu yang telah disepakati. Hasil dari dilakukannya penelitian ini yaitu berupa suatu aplikasi <em>Business Intelligence</em> yang hasilnya mampu untuk menampilkan informasi penjualan berupa pemetakan geografis dan juga berupa laporan hasil penjualan.</p> 2022-07-13T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/48370 Perancangan Sistem Informasi Building Contruction Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) 2022-07-13T03:51:38+00:00 Ragil Candra Kusuma ragilkusuma16051214041@mhs.unesa.ac.id Aries Dwi Indriyanti ariesdwi@unesa.ac.id <p>Sistem informasi<em> Building Contruction</em> merupakan suatu aplikasi yang dirancang berguna mempermudah dalam pencarian penyedia jasa kontruksi atau jasa pembangunan. Dalam era modern sekarang ini tak sedikit masyarakat yang tidak menggunakan suatu perangkat digital untuk mencari suatu informasi. Dengan adanya layanan koneksi internet masyarakat dapat dengan cepat mencari informasi yang di perlukan. tidak lepas dari itu banyak pengguna layanan digital ini untuk keperluan lain seperti halnya aplikasi ini dirancang guna memberikan suatu jasa pemesana yang dapat di akses oleh banyak pengguna layanan internet. Sektor Jasa kontruksi merupakan kegiatan masyarakat mewujudkan bangunan yang berfungsi sebagai pendukung atau prasarana aktivitas sosial ekonomi kemasyarakatan guna menunjang terwujudnya tujuan pembangunan nasional. Penelitian ini menggunakan metode <em>Rapid Application Development</em> ( RAD). metode ini digunaka&nbsp; untuk pengembangan aplikasi dengan mempersingkat dalam proses pembangunan dan secara berulang melakukan pembaruan yang menekankan pada umpan balik pengguna. Data dikumpulkan melalui <em>Quesioner</em>. Responden dalam penelitian ini sebanyak 5 orang yang memenuhi kriteria; pemakai ( <em>user</em>). lima pernyataan di berikan sebagai poin uji coba terdapat tiga level tingkatan penilaian bagi tiap responden. Dan hasil akan di hitung dengan perhitungan rumus. hasil penelitian menunjukkan bahwa umpan balik dari pengguna mempunyai pengaruh signifikan terhadap pengembangan dari aplikasi tersebut.</p> 2022-07-13T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/48645 Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Pemenang Lomba menggunakan Metode Simple Additive Weighting Berbasis Website (Studi Kasus: “Malam Puisi” Cepu Baca Buku) 2022-07-20T02:41:31+00:00 Hellen Fatima Puspaningrum hellen.19113@mhs.unesa.ac.id Aries Dwi Indriyanti ariesdwi@unesa.ac.id <p>Cepu Baca Buku merupakan komunitas literasi nirlaba yang dicetuskan oleh pemuda perempuan asal Cepu, kabupaten Blora, Jawa Tengah yang bernama Indah Salimin pada tahun 2017. Karena keterbatasan fasilitas perpustakaan dan sumber bacaan di daerah Cepu, Cepu Baca Buku dimulai dengan tujuan agar memantik semangat membaca mulai dari anak-anak hingga dewasa. Cepu Baca Buku memiliki motto Baca, Pinjam dan Donasi, yang artinya Cepu Baca Buku memfasilitasi buku bagi siapapun yang ingin membaca dan meminjam. Selain manfaat yang ditawarkan komunitas literasi tersebut diatas, Cepu Baca Buku juga hadir menjadi wadah donasi buku bagi yang ingin menjadi donatur. Setiap hari Minggu, Cepu Baca Buku juga mengadakan event taman baca di taman titik 0km Cepu dengan mengajak para pemuda menjadi volunteer di event tersebut. Selain event taman baca, Cepu Baca Buku juga mengadakan event #NyastraDimanaSaja, yaitu event membaca puisi bagi pengunjung jika pengunjung ramai. Setiap setahun sekali, untuk merayakan ulang tahun Cepu Baca Buku, diadakan event #NyastraDimanaSaja dengan versi yang lebih meriah, yaitu Malam Puisi. Kuota peserta untuk Malam Puisi biasanya dibuka 40 orang, dan dapat ditambah diluar peserta yang mendaftar jika terdapat sisa waktu pada hari H. Berbeda dengan #NyastraDimanaSaja, pada event Malam Puisi terdapat hadiah bagi pembaca puisi terbaik, maka dari itu terdapat persyaratan peserta yang mengikuti lomba Malam Puisi, berbeda dengan #NyastraDimanaSaja yang tidak terdapat persyaratan peserta. Dalam penilaian calon pemenang harus dilakukan secara objektif dan cepat dengan menilai cara pembacaan dan penampilan dari peserta. Berdasarkan uraian tersebut, dibutuhkan sebuah sistem untuk menentukan juara dengan tepat. Sistem Pendukung Keputusan berbasis website yang dirancang akan menggunakan metode simple additive weighting (SAW) dengan menggunakan 5 kriteria penilaian yaitu penghayatan, ekspresi, gesture, artikulasi, dan intonasi.</p> 2022-07-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/48646 Analisa Perbandingan Pengguna Aplikasi Tiktok dengan Snack Video menggunakan Metode UTAUT dan EUCS 2022-07-20T03:03:11+00:00 Putri Amelia Agustin putri.18023@mhs.unesa.ac.id I Kadek Dwi Nuryana dwinuryana@unesa.ac.id <p>Kesuksesan penggunaan aplikasi tidak terlepas dari kepuasan dan penerimaan teknologi diantara penggunanya. Akan tetapi tidak dipungkiri apabila terdapat celah kegagalan terhadap penggunaan aplikasi tersebut. Hal ini menarik peneliti untuk memahami dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan dan kegagalan pengguna dari aplikasi TikTok dan Snack Video. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berfokus pada pengukuran data statistika untuk menjawab rumusan masalah. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai media untuk mengumpulkan data dari responden. Penyusunan kuesioner diambil dari hipotesis yang dilakukan oleh peneliti terhadap metode UTAUT dan EUCS yang akan diterapkan pada aplikasi TikTok dan Snack Video. Penyusunan kuesioner menghasilkan 28 indikator dengan pengolahan data statistik menggunakan SmartPLS. Dari penelitian ini menghasilkan 7 hipotesis diterima dari aplikasi TikTok karena nilai <em>P-Value</em> &lt;0.05. Variabel tersebut antara lain variabel <em>Acurracy, Content, Ease of Use, Format, </em>dan<em> Timeliness</em> yang berpengaruh secara signifikan terhadap <em>User Satisfaction </em>serta variabel <em>Effort Expectancy </em>dan<em> User Satisfaction</em> berpengaruh positif terhadap <em>Behavior Intention</em>. Sedangkan aplikasi Snack Video menghasilkan 3 hipotesis diterima yaitu variabel <em>Performance Expectancy</em> dan <em>User Satisfaction</em> berpengaruh secara signifikan terhadap <em>Behavior Intention</em> serta <em>Ease of Use</em> berpengaruh secara signifikan terhadap <em>User Satisfaction</em>.</p> 2022-07-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##