https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/issue/feed Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI) 2024-04-01T04:53:09+00:00 Ghea Sekar Palupi jeisbi@unesa.ac.id Open Journal Systems https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/57944 Perancangan Ulang User Interface Berdasarkan User Experience Menggunakan Metode User Centered Design Pada Website SIMMAGANG Universitas Negeri Surabaya 2024-02-01T03:45:53+00:00 DANDY ARISNA PRAMUDYA dandy.19067@mhs.unesa.ac.id Ronggo Alit ronggoalit@unesa.ac.id <p><strong>Perancangan ulang merupakan hal yang dilakukan untuk memperbaiki suatu produk untuk menjadi produk yang lebih baik. Perancangan ulang biasa dilakukan dalam sebuah user interface sebuah website atau aplikasi. UNESA merupakan satu universitas yang sudah menggunakan SISTem Informasi Manajemen untuk pengurusan administrasi mahasiswa terutama dalam mata kuliah magang. Perbaikan SIMMagang perlu dilakukan karena mahasiswa merasa tampilan yang ada masih acak – acakan. Sehingga dilakukan perancangan ulang desain SIMMagang dan menghasilkan respon dan mendapat nilai baik dari pengguna. Dalam melakukan perancangan ulang desain menggunakan motede user centered design untuk memudahkan melakukan perancangan ulang.</strong></p> 2024-01-05T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/58112 Perancangan SIPEKA (Sistem Informasi Penilaian Karyawan) Menggunakan Pendekatan Personal Balanced Scorecard Pada PT Sasmito 2024-02-01T03:45:53+00:00 Muhammad Nabil Islam muhammad.19061@mhs.unesa.ac.id Ronggo Alit ronggoalit@unesa.ac.id <p>PT Sasmito merupakan sebuah perusahaan dibidang jasa konstruksi bangunan khususnya gedung yang berpusat di Surabaya. PT Sasmito saat ini sudah melakukan penilaian kinerja karyawan dengan metode manual menggunakan kertas yang dibagikan oleh HRD kepada <em>site manager</em>. PT Sasmito memiliki empat indikator yang digunakan sebagai penilaian kinerja karyawan. Indikator yang dimiliki yaitu kemampuan, keinginan berkembang, kedisiplinan, dan kerjasama tim. <em>Site manager</em> melakukan penilaian dengan menulis nilai bawahannya dengan standar masing-masing <em>site</em> <em>manager</em> sesuai dengan keempat indikator tersebut. Bentuk nilai yang digunakan seperti nilai A diperoleh dari angka antara 90-100. <em>Site</em> <em>manager</em> mengembalikan form yang sudah diisi kepada HRD untuk diolah dengan program Microsoft Excel. Oleh karena itu, penilaian dengan model tersebut memiliki masalah subjektifitas seperti saat penilaian dari dua <em>site</em> <em>manager</em> kepada bawahan yang sama, pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode <em>personal balanced scorecard</em> (PBSC) dengan menentukan <em>key performance indicator</em> yang sesuai dengan empat perspektif metode PBSC. Terdapat 11 indikator penilaian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kesetiaan, tanggung jawab, ketaatan, kepemimpinan, kejujuran, disiplin, komunikasi, sesuai instruksi, kerjasama, kompetensi, dan kesejahteraan. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa Dian Eka, S.T. mendapatkan nilai tertinggi dari 10 pegawai lainya. Penggunaan metode PBSC dinilai sangat cocok untuk diterapkan pada PT Sasmito karena PBSC dapat melakukan penentuan KPI pada cakupan karyawan atau personal.</p> 2024-01-05T09:12:02+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/58157 Analisis Performa Load Testing Antara Mysql Dan Nosql Mongodb Pada RestAPI Nodejs Menggunakan Postman 2024-02-01T03:45:53+00:00 Lifan Dwinur Andrianto lifan.19026@mhs.unesa.ac.id Dwi Fatrianto Suyatno dwifatrianto@unesa.ac.id <p><em>With the rapid development of technology, especially in the industrial sector and the widespread use of the internet in Indonesia, effective data storage media is needed. Like MySQL, database management systems (DBMS) have become an effective solution for managing and processing data. As a type of DBMS, MySQL has demonstrated the ability to support application development by both experienced and novice users.&nbsp;</em><em>On the other hand, in the ever-evolving digital era, web and mobile applications have become important, and Node.js and REST APIs have become the basis for creating effective web applications. Technological advances have also produced an alternative to relationless data storage, known as NoSQL. MongoDB, for example, offers flexibility and fast performance when storing data in JSON document format. Load testing performance analysis between MySQL and MongoDB on Node.js applications is very important because they have different data models and workload types. This is an important technique for measuring and evaluating application performance. Search speed, data storage, and query complexity are influenced by the MySQL and MongoDB NoSQL relational data models.&nbsp;</em><em>The goal of this load testing performance analysis is to gain an understanding of how MySQL and MongoDB perform when faced with different workloads, particularly in the context of Node.js applications. The results of this analysis are expected to provide a clear picture of the advantages and disadvantages of each database when used with Node.js applications, so that developers and system architects can make wise, data-driven decisions when they use Node.js applications.</em></p> 2024-01-05T09:21:47+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/58197 Prediksi Peningkatan Omzet Penjualan dengan Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda (Studi Kasus: UB Makmur Surabaya) 2024-02-01T03:45:54+00:00 Fahriza Karina fahrikeren1406@gmail.com Dodik Arwin Dermawan dodikdermawan@unesa.ac.id <p>Usaha Bersama (UB) Makmur Surabaya merupakan toko sembako modern yang baru saja di buka pada tahun 2022. Untuk dapat mengoptimalkan sumber daya dan anggaran untuk strategi pemasaran yang efektif maka penting untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berdampak pada pertumbuhan omzet, di antaranya jumlah transaksi per bulan dan nilai penjualan yang meliputi penjualan beras, gula, telur, minyak goreng, susu dan tepung. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan regresi linier berganda dengan menggunakan informasi historis penjualan setahun kebelakang. Model regresi linier berganda dapat diungkapkan melalui representasi perkalian determinan matriks. Proses selanjutnya melibatkan perhitungan koefisien regresi dengan menggunakan rumus regresi linier. Kemudian, mencari nilai korelasi sehingga memperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel X1, X2 dengan variabel Y.&nbsp; Berdasarkan hasil analisa regresi linier didapatkan nilai koefisien regresi variabel X1 bernilai negatif, sedangkan variabel X2 bernilai positif. Hasil uji t mengindikasikan bahwa setiap variabel memiliki dampak signifikan terhadap total penjualan. Hasil uji F diperoleh bahwa variabel X1 dan X2 secara simultan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap total penjualan. Hasil uji koefisien determinasi yang menunjukkan bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel jumlah transaksi per bulan dan nilai penjualan berkontribusi sebesar 56,8% terhadap total penjualan, sementara sebanyak 43,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.</p> 2024-01-08T03:30:21+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/58226 ANALYSIS THE EFFECT OF WORK REQUEST TECHNOLOGY ON CLOUD-BASED FACILITIES MANAGEMENT (CFM) APPLICATIONS ON EMPLOYEE PERFORMANCE AT TRILLIUM OFFICE & RESIDENCE 2024-02-01T03:45:54+00:00 Alvani Fahrizal Wira Utama alvani.19044@mhs.unesa.ac.id Rindu Puspita Wibawa rinduwibawa@unesa.ac.id <p>A Work Request is a document (digital or paper) in which there is a request for assistance from internal or external business partners for a task that must be completed. With a work request, all data information related to the needs and planning of a job can be fulfilled. The application that has this technology in it is CFM (Cloud-based Facilities Management). This research uses the Task Technology Fit model combined with the perceived usefulness variable from the Technology Accepiance Model (TAM).<br>This research aims to determine the suitability of work request technology tasks for Trillium Office &amp; Residence employees who use the CFM application. Data collection for the research was carried out by distributing an online questionnaire to 33 respondents. These respondents are Trillium Office &amp; Residence employees who use the CFM application. In this study, data analysis used PLS-SEM. The results of the research are that there are 7 hypotheses which have been proven to have a positive and significant influence on all respondents who use the CFM application.</p> 2024-01-08T03:42:32+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/58256 Teks Ringkas Otomatis pada Portal Berita CNN Indonesia Menggunakan Algoritma Textrank 2024-02-01T03:45:54+00:00 Lizza Nur Fadhila lizza.17051214019@mhs.unesa.ac.id I Kadek Dwi Nuryana dwinuryana@unesa.ac.id <p><em>Abstrak</em>— Peringkasan teks otomatis dapat membantu pembaca artiket <em>website</em> dalam memahami dengan singkat inti dari sebuah artikel. Konsep dari peringkasan teks otomatis yaitu dapat mencari bagian penting informasi yang berasal dari teks artikel asli, dengan program tersebut hasil dari rangkuman dapat di jadikan lebih ringkas, padat, dan jelas sesuai dengan topik utama dari artikel yang akan di ringkas. Program ini akan menggunakan bahasa pemograman Python dengan menggunakana Platfrom Jupyter untuk menjalankan Algoritme <em>Textrank</em>. Untuk bahasa yang digunakan dalam program ini yaitu bahasa indonesia dengan melakukan proses <em>cleaning</em> terlebih dahulu seperti menghilangkan tanda baca pada teks agar program dapat berjalan dengan baik. Untuk penggunaan program ini penulis telah membuat format file .txt dari sumber artikel berita CNN Indonesia dan menjalankan program dengan menggunakan jupyter pada browser untuk melihat hasil perangkuman teks artikel tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengimplementasian Algoritma <em>textrank</em> melalui platform Jupyter Notebook, (2) Mengetahui presentase perbandingan yang dapat diperoleh dari teks artikel asli dan hasil peringkasan dengan Algoritma tekxtrank, dan (3) Mengetahui Alogaritma textrank dapat efektif dalam meringkas text berita dalam bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil pengujian dihasilkan bahwa rata-rata presentase ringkasan sebesar 6,9% lebih ringkas daripada artikel asli, dengan catatan penulis membatasi jumlah kalimat sebesar 3 kalimat dan hasil analisis Algoritma <em>textrank </em>efektif dalam meringkas <em>text </em>berita dalam bahasa Indonesia.</p> 2024-01-09T03:13:57+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/58389 ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA APLIKASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL (IKD) BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL) 2024-02-01T03:45:54+00:00 Muhammad Wisnu Aditya Aulia Rachman m.19086@mhs.unesa.ac.id Aries Dwi Indriyanti ariesdwi@unesa.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi penerimaan aplikasi Identitas Kependudukan Digital di kalangan masyarakat Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah TAM (Technology Acceptance Model) dengan menggunakan software SPSS. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara online dan didapatkan responden sebanyak 190 orang. Hasil analisis penerimaan pengguna menunjukkan adanya penerimaan yang tinggi dari masyarakat sehingga aplikasi tersebut merupakan inovasi yang cukup bagus. Hasil dari analisis regresi yang telah dilakukan untuk mengetahui penerimaan pengguna dari variabel X secara simultan berpengaruh terhadap variabel Y dan variabel X1, X3, X4 berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y. Dalam penelitian ini terdapat 10,3% pengaruh variabel X terhadap Y, yaitu lemah dikarenakan 89,7% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti.</p> 2024-01-18T04:45:22+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/58574 ANALISIS DAN PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI SOSIAL MEDIA FAMILY TREE SAMAKAKI DENGAN METODE DOUBLE DIAMOND 2024-02-01T03:45:54+00:00 Moch. Araafi Syamsul Ibrahim moch.araafi.19082@mhs.unesa.ac.id Aries Dwi Indriyanti ariesdwi@unesa.ac.id <p>iAplikasi sosial mediaiFamily Tree SamaKakiiyang baru rilis pada 29 januari 2023 yang dikembangkan oleh PT. Qatros Teknologi Nusantara. Aplikasi SamaKaki dengan jumlah unduhan pada Google Play Store baru mencapai 10+ unduhan. Berdasarkan observasi yang telah dilkakukan melalui ulasan dari pengguna kekurangan dari aplikasi ini yang menyembabkan kurang minatnya pengguna untuk menggunakan aplikasi SamaKaki. Dengan menggunakan metode Double Diamond peneliti mengoptimalkan proses analisis dan perancangan userninterfacemdanmusermexperiencemdengan mengedepankan kebutuhanmpengguna, prosesnyang iterative, pendekatan yang sistematis, dan eksplorasi. Tahap divergen merupakan proses penemuan permasalahan melalui beberapa proses yaitu observasi dengan melihat ulasan pengguna, studi literature, pengumpulan data yang di butuhkan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dalam proses pengujian dan analisis. Dengan mengumpulakan datankualitatifndan kuantitatif.ndatankualitatifnpadanpenelitiannini menggunakan metode Usability testing yang menghaasilkan 3 aspek usability, yaitu 84% untuk aspek learnability dari nilai success rate, 0,096 goal/sec untuk aspek efficiency dari nilai time based efficiency, 0,055 untuk aspek errors dari nilai defective rate. Kemudian data kuantitatif didapatkan melalui kuesioner Sysestem Usability Scale (SUS) yang mendapatkan hasil 60,8 yang menurut chart SUS score masuk grade scale D. Kemudian dari hasil temuan tersebut perbaikan dan rekomendasi tampilan useriinterfaceidan usernexperience untuk menyelesaikan permasalahannyang di dapat darimusability. Selanjutnyandilakukannperbandingan antarannilaintampilannaplikasimSamakaki saatminimdengan tampilanisetelahidilakukaniperbaikan.</p> 2024-01-23T07:24:49+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/58604 PENILAIAN KEMATANGAN E-GOVERNMENT MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 (STUDI KASUS : BAPPEDA KABUPATEN GRESIK) 2024-02-01T03:45:54+00:00 rochmatul aulia rochmatul.19078@mhs.unesa.ac.id Paramitha Nerisafitra paramithanerisafitra@unesa.ac.id <p>Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Gresik beroperasi di sektor pengembangan daerah, termasuk Bidang penelitian dan pengembangan. Kesadaran terhadap pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) telah terbukti melalui penerapan sistem e-government, SEPEKAN, di Bidang penelitian dan pengembangan. Meskipun demikian, optimalitas penggunaan TI dalam pengelolaan SEPEKAN masih menjadi tantangan. Beberapa masalah melibatkan pengecekan data yang tidak langsung diproses oleh staf dan kinerja sistem yang kadang lambat, terutama ketika pemohon ingin mengunduh surat rekomendasi ijin. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini memfokuskan pada analisis tingkat kematangan TI dengan menggunakan COBIT 5, dengan penekanan pada domain EDM04 (memastikan pengoptimalan sumber daya), APO07 (mengatur sumber daya manusia), dan BAI04 (mengatur persediaan dan kapasitas sistem). Hasil penelitian menunjukkan tingkat kematangan EDM04 pada pengelolaan SEPEKAN berada di level 2 (Manage process), sementara kondisi yang diharapkan adalah level 3 (Established process). Metode penelitian melibatkan deskriptif kuantitatif dan kuesioner, dengan fokus pada beberapa domain COBIT 5, yaitu EDM04, APO07, dan BAI04. Hasil pengukuran tingkat kematangan pada domain APO07 mencapai level 1 (Performed process), sedangkan pada domain EDM04 dan BAI04 mencapai level 2 (Manage process).</p> 2024-01-26T07:47:43+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/58765 Rancang Bangun Sistem Informasi Aplikasi Bank Sampah Menggunakan Framework Laravel Berbasis Website (Studi Kasus : Desa Mekarsari, Jimbaran) 2024-02-15T01:56:29+00:00 Dinda Fatika Akasa dinda.21077@mhs.unesa.ac.id Aries Dwi Indriyanti ariesdwi@unesa.ac.id <p>Mekar Sari Jimbaran Village Waste Bank is environmental organizations working in the health sector environment. This activity is carried out by representatives local environmental communities and customers. Garbage bank at Mekar Sari Village is registered in the savings book. Taking citizens' savings cannot be implemented directly, However, it is implemented once and can be withdrawn at any time if necessary. When processing waste bank data, archived documents are still messy, handwritten, and the text is not clear. This often results in errors and loss of data on citizens' savings cycles. This research discusses the development of bank website applications with waste using the Rapid Application Development Method (RAD) as well as deploy system level reception through Technology Acceptance Model (TAM). This website aims to simplify the process of waste management, driving community participation, and increasing transparency finance in the waste bank system. The RAD method is used to speed up the development process with an approach iterative and responsive to user feedback. Results development includes member registration features, transaction management, financial reporting, management systems rewards, and integration with social media.</p> 2024-02-15T01:56:29+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/58764 Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Dan Pembelian Berbasis Website Untuk UMKM Studi Kasus PT EDII 2024-02-15T02:11:58+00:00 Affan Adyatma Putra Hadi affanaph@gmail.com Aries Dwi Indriyanti ariesdwi@unesa.ac.id <p>Increased operational complexity and<br>increasingly fierce competition encourages companies,<br>including Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs), for<br>adopt efficient information technology solutions. System<br>Enterprise Resource Planning (ERP) has proven to be<br>effective solutions to improve operational efficiency and<br>optimize resources. This research aims to<br>designing and implementing ERP System applications<br>website-based specifically for MSMEs, with a focus on studies<br>PT EDII case. This application is designed to fulfill<br>unique needs of MSMEs, providing integrated solutions for<br>production, inventory, finance and marketing management.<br>The research method used involves analysis<br>PT EDII business needs, application prototype development,<br>and evaluation through implementation trials in the environment<br>MSMEs. The research results show that this application can<br>increasing operational efficiency of PT EDII and supporting<br>overall MSME business growth. This research<br>contribute to the development of information technology<br>especially in the context of MSMEs. This application can be adopted<br>by similar MSMEs to increase competitiveness and<br>productivity, while providing valuable insights for<br>researchers and practitioners in the field of information technology and<br>business management.<br>Keywords— Enterprise Resource Planning, MSMEs, PT EDII.</p> 2024-02-15T02:11:58+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/58901 RAW MATERIAL INVENTORY CONTROL APPLICATION USING THE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) METHOD TO INCREASE PRODUCTION EFFICIENCY AT THE KABUL GROUP TOFU FACTORY 2024-02-29T07:01:10+00:00 Mohammad Ulil Kirom mohammad.20022@mhs.unesa.ac.id I Kadek Dwi Nuryana dwinuryana@unesa.ac.id <p>This research aims to design a Website-Based Raw Material Inventory Control Information System Application at the Kabul Group Tofu Factory using the Economic Order Quantity (EOQ) method and determine the Implementation of the Economic Order Quantity (EOQ) method in Increasing Production Efficiency at the Kabul Group Tofu Factory. This research uses the Rapid Application Development (RAD) development method which consists of several stages, namely the requirements planning, user design, construction and cutover stages. At the user design stage, manual calculations are carried out using the Economic Order Quantity (EOQ) method. The results of this manual calculation are used as a reference for the accuracy of calculations in the application to be designed.</p> <p>The research results show that raw material inventory control applications can be developed using the Rapid Application Development (RAD) method. The data used in this research is purchase data and raw material usage data during the period January 2022 – December 2022. The results of the research show that the efficiency level is 0.9416, which means it is quite good. From calculations that have been carried out using the Economic Order Quantity (EOQ) method, it is found that the number of orders for soybean raw materials that can be ordered is 8,085 kg so that the costs incurred are more economical. The safety stock that must be available at the Kabul Group Tofu Factory is 5,050 kg, this shows that the Kabul Group tofu factory must have an inventory of 5,050 kg in order to anticipate a shortage of soybean raw materials during the lead time so as not to hamper the production process. walking inside the Kabul Group Tofu Factory. Reorder Point (ROP) when the raw material inventory reaches the reorder point that has been obtained, namely 1,140 kg, the Kabul Group tofu factory must make a reorder according to the economic order (EOQ), which is 8,085 kg.</p> 2024-02-29T07:01:10+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/58919 PERANCANGAN ULANG PROSES BISNIS PADA PENGOLAHAN BIJI KOPI ANAPHALIS ROASTERY MENGGUNAKAN BUSINESS PROCESS MODELLING NOTATION (BPMN) 2024-03-04T03:44:16+00:00 Muhammad Rafi Atha Nur Rahmatullah muhammad.19084@mhs.unesa.ac.id I Kadek Dwi Nuryana dwinuryana@unesa.ac.id <p>Anaphalis <em>Roastery</em> perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan biji kopi siap saji. Sebuah perusahaan pasti memilik itujuan untuk menjadikan segala aspek bisnis menjadi berkembang dan lebih baik. Proses Bisnis merupakan salah satu aspek yang dapat mempengaruhi berkembangnya suatu perusahaan. Permasalahan timbul saat perusahaan bertambah besar yaitu belum ada proses bisnis tertulis yang menjadi patokan dalam menjalankan bisnis, sehingga keputusan-keputusan yang dibuat dapat berubah-ubah berdasarkan kondisi menyebabkan proses bisnis yang kurang efektif dan efisien. Untuk itu dibutuhkan analisis proses bisnis menggunakan&nbsp;<em>Business Process Improvement</em> (BPI) Framework. Fase pertama mengeditifikasi proses bisnis Anaphalis <em>Roastery</em> menggunakan <em>Business Process Model and Notation</em> (BPMN), fase kedua melakukan Process Validation, Time Validation dan Resource Validation pada proses bisnis. Kemudian menentukan streamlining yang digunakan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis.</p> 2024-03-04T03:44:16+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/58935 Pengembangan Sistem Informasi Persediaan Barang Di Cv. Nusantara List Supplay Menggunakan Metode FIFO Berbasis Website Dengan Framework Laravel 2024-03-05T05:26:59+00:00 Aldi Naufal Asyadana aldi.17051214057@mhs.unesa.ac.id Salamun Rohman Nudin salamunrohman@unesa.ac.id <p><strong>Abstrak— Pentingnya merancang sistem informasi stok barang agar dapat menangani masalah persediaan barang. Masalah tersebut kebanyakan terjadi pada sistem pengelolaan barang yang tidak teratur, kurang menyesuaikan kondisi barang, ada juga persediaan yang muncul terlalu banyak/persediaan yang terlalu sedikit dalam memenuhi request pelanggana. Jumlaha stok barangsyang seharusnya ada di perusahaan harus sesuai dengan keperluan. Pengembangan suatu sistem pengelolaan persediaan barang dapat mempermudah dan membantu permasalahan tersebut. Metode yang digunakan yaitu FIFO, penggunaan metode FIFO memberikan fleksibilitas dalam pencatatan masuk-keluar barang berdasarkan waktu dan dapat memberikan informasi mengenai stok tersedia dengan urutan barangg yangapertama masukk akqn dijualaterlebih dulu. Kemudian akan dimasukkan ke dalam laporan persediaan, neraca dan laba rugi sehingga dapat memudahkan admin dalam melakukan pengendalian internal persediaan. Sistem ini memudahkan kinerja staf sehingga mempersingkat waktu proses pelaporan karena semua staf dapat mengakses laporan yang dibutuhkan sesuai hak aksesnya. Sistem ini juga memudahkan untuk mengontrol nilai persediaan dan biaya persediaan secara real time sehingga pengambilan keputusan dapat dilaksanakan dengan cepat serta akurat.</strong></p> <p><strong>Hasil pengujian menunjukkan bahwa dengan mengembangkan sistem persediaan barang yang dibangun menggunakan arsitektur MVC menggunakan bahasa pemrograman PHP framework Laravel dapat membantu pengelolaan barang secara efektif karena barang yang keluar merupakan stok barang terdahulu sehingga meminimalisir adanya barang yang sudah using/tidak layak. Kemudahan pencatatan barang yang masuk dan keluar berdasarkan waktu dapat menghindari penurunan kualitas barang. Selain itu juga dapat mempercepat proses pengembangan sistem, diharapkan sistem stok barang ini akan mengontrol kuntinuitas barang yang tersedia di gudang sehingga dapat menekan semaksimal mungkin jika terjadi kekurangan/kelebihan stok. </strong></p> 2024-03-05T05:26:59+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/58943 Analisis Perbaikan User Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Gobis (Suroboyo Bus) Menggunakan Metode Design Thinking 2024-03-06T06:12:24+00:00 Hany Fitriaruli hany.20017@mhs.unesa.ac.id Dwi Fatrianto Suyatno dwifatrianto@unesa.ac.id <p>Aplikasi GOBIS (Suroboyo Bus) merupakan sebuah aplikasi layanan transportasi publik yang memuat informasi tentang<em> tracking </em>rute yang dilengkapi dengan petunjuk peta digital secara <em>real time </em>yang mana dapat memperkirakan kedatangan bus di halte serta memuat informasi lain yakni e-ticketing bus AKDP dan AKAP. Aplikasi GOBIS (Suroboyo Bus) telah diunduh sebanyak lebih dari 100 ribu pengguna android di Indonesia. Namun, tetap ditemukan beberapa keluhan pengguna pada halaman ulasan di <em>Play </em>Store yang mengakibatkan rating pada <em>playstore</em> rendah yakni dengan rata-rata sebesar 4,2 dari 5<em>. </em>Pada hasil wawancara yang telah dilakukan kepada 10 orang pengguna aplikasi GOBIS (Suroboyo Bus) dengan latar belakang yang berbeda (Mahasiswa, Pelajar SMA, Ibu rumah tangga, dan Pegawai swasta) menghasilkan bahwa aplikasi GOBIS (Suroboyo Bus) memiliki beberapa permasalahan yang dikeluhkan oleh pengguna antara lain: tampilan kurang mengikuti <em>trend</em> masa kini, pemilihan warna, ukuran, ilustrasi yang kurang sesuai, kurangnya konsistensi ukuran pada tulisan, <em>pop-up</em> yang terus muncul sehingga sangat mengganggu, halaman registrasi dan masuk yang membingungkan, serta tidak adanya opsi <em>“hide”</em> pada kolom kata sandi pada saat daftar dan masuk aplikasi sehingga keamanan privasi pengguna kurang terjaga. Kemudian berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan analisis desain perbaikan menggunakan metode <em>Design Thinking </em>yang dapat membantu untuk lebih mendalami dan memahami serta menciptakan rasa empati terhadap pengguna yang dituju. Metode <em>Design Thinking</em> memiliki 5 tahapan yakni <em>Empathize, Define, Ideate, </em>dan <em>Testing</em>. Pada tahap <em>Testing</em>, dilakukan menggunakan metode <em>System Usability Scale (SUS). </em>Metode SUS adalah metode pengujian <em>usability</em> secara efektif dan efisien. Pada hasil pengujian aplikasi GOBIS (Suroboyo Bus) dengan desain perbaikan mendapatkan mendapatkan skor rata-rata SUS sebesar 69,725. Sehingga masuk ke dalam kategori <em>Marginal</em>, tingkat <em>acceptability </em>yang dapat diterima, <em>Adjective range</em> masuk ke dalam kategori <em>OK, </em>dengan <em>Grade Scale</em> C, dan <em>Net Promoter Score (NPS)</em> <em>Passive.</em> Setelah dilakukan tampilan desain perbaikan aplikasi GOBIS (Suroboyo Bus) menggunakan metode <em>Design Thinking</em> mendapatkan hasil skor yang baik, dapat diterima pengguna, dan layak digunakan karena mendapatkan skor <em>System Usability Scale (SUS)</em> yang cukup tinggi dengan menggunakan tampilan desain perbaikan <em>User Interface</em> dan <em>User Experience</em> yang baru.</p> 2024-03-06T06:12:23+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/58947 Pengukuran Kepuasan Pengguna Layanan Unesawifi Di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Menggunakan Metode Service Quality (Servqual) dan Importance Performance Analysis (IPA) 2024-03-06T08:41:03+00:00 Friday Zahrotul Jannah friday.20041@mhs.unesa.ac.id Dwi Fatrianto Suyatno dwifatrianto@unesa.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">UnesaWifi merupakan inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang diterapkan oleh Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Layanan ini memberikan setiap pengguna username dan password unik untuk melakukan koneksi, mendukung berbagai aspek kegiatan akademik dan administratif di lingkungan universitas. Sebagai sarana pendukung kegiatan di kampus, UnesaWifi dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan memberikan akses internet yang andal dan aman. Penting untuk memastikan bahwa kinerja UnesaWifi sesuai dengan harapan pengguna. Upaya pemahaman tersebut dapat dilakukan dengan mengetahui kepuasan pengguna terhadap layanan yang disediakan. Namun, saat ini belum diketahui kepuasan para pengguna terhadap layanan yang disediakan.&nbsp;</span></p> <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan pengguna layanan UnesaWifi di UNESA menggunakan metode Service Quality (Servqual) dan Importance Performance Analysis (IPA). Dari hasil penyebaran kuesioner, didapatkan data 142 responden pengguna layanan wifi pada Unesawifi di UNESA. Hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kepuasan berdasarkan hasil analisis gap (kesenjangan) didapatkan rata-rata nilai kesenjangan sebesar -0.57 yang menunjukkan bahwa kualitas layanan wifi pada Unesawifi saat ini belum memenuhi harapan dari pengguna. Kemudian indikator yang perlu perbaikan pada Kuadran I metode IPA yaitu indikator A4 (Reliability), B5 (Empathy), C2 dan C4 (Responsiveness), serta D1 dan D3 (Assurance). Rekomendasi perbaikan mencakup peningkatan keandalan layanan, pemahaman terhadap kebutuhan pengguna, responsif terhadap masukan, dan peningkatan jaminan layanan. </span></p> 2024-03-06T08:41:03+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/59010 Pengaruh Kesiapan Teknologi terhadap Minat Masyarakat pada Penggunaan Aplikasi Layanan Pesan Antar Makanan Menggunakan Model Kombinasi TRI dan TAM 2024-03-15T07:45:11+00:00 Sherlyani Puspita Dewi sherlyani.17051214040@mhs.unesa.ac.id I Kadek Dwi Nuryana dwinuryana@unesa.ac.id <p>Di Indonesia, aplikasi layanan pesan antar makanan menjadi layanan yang banyak diminati di kalangan masyarakat. Mayoritas konsumen menggunakan aplikasi tersebut untuk meningkatkan produktivitas, mengeksplorasi tren kuliner terkini, dan berinteraksi. Tujuan utama pada penelitian ini ialah guna menganalisis dan menguji apakah <em>optimism, innovativeness, discomfort </em>dan<em> insecurity</em> berpengaruh pada persepsi kemudahan penggunaan, dan apakah persepsi kemudahan penggunaan berhubungan kesenanagan pemakaian aplikasi layanan pesan antar makanan. Responden survei berjumlah 202 orang yang berdomisili di Surabaya dan menggunakan aplikasi layanan pesan antar makanan. Data primer yang digunakan dihasilakn melalui pembagian kuesioner dengan <em>online</em>. Karena model ini tidak memiliki keterbatasan untuk mengintegrasikan variabel tambahan ke dalam model jalur, maka kumpulan data dianailis menggunakan SEM dengan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini membuktikan yaitu <em>optimism</em> memberikan pengaruh posistif signifikan pada persepsi kemudahan penggunaan sebesar 32,1%, <em>innovativeness</em> memiliki pengaruh sebesar 28,7% dan <em>insecurity</em> memiliki pengaruh sebesar 28,6%. Sebaliknya <em>discomfort</em> mempengaruhi persepsi kemudahan penggunaan sebesar 11,4% sehingga dapat dikatakan tidak signifikan namun persepsi kemudahan penggunaan mempengaruhi minat sebesar 45% yang berdampak signifikan terhadap minat pemakaian aplikasi jasa pesan mengantar makanan.</p> 2024-03-15T07:45:11+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/59016 Rancang Bangun Aplikasi Pemakaian Ruangan Perkuliahan Pada Fakultas Teknik di Universitas Negeri Surabaya Berbasis Website Menggunakan Metode Greedy 2024-03-18T05:22:52+00:00 Daniel Dhian Prakosa daniel.19032@mhs.unesa.ac.id Aries Dwi Indriyanti ariesdwi@unesa.ac.id <p>Dalam era perkembangan teknologi informasi yang pesat, berbagai aplikasi telah diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, memberikan kemudahan akses informasi global, dan mendukung dunia pendidikan. Fakultas Tenik pada Universitas Negeri Surabaya berupaya menerapkan digitalisasi dengan Sistem pemakaian ruangan perkuliahan. Penelitian ini mengembangkan aplikasi pemakaian ruangan perkuliahan yang memungkinkan Dosen dan Tata Usaha berpartisipasi dalam proses. Metode pengembangan Waterfall digunakan dalam penelitian ini, melalui tahap perencanaan, desain, pembuatan kode, pengujian, implementasi dan pemeliharaan. Aplikasi ini menggunakan Laravel dan memanfaatkan UML dalam perancangan. Terdapat fitur-fitur untuk mengelola data dosen, ruangan, kelas, program studi, mata kuliah, dan mengelola jadwal perkuliahan. Uji Blackbox Testing dilakukan oleh Tata Usaha untuk memvalidasi fungsionalitas aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi pemakaian ruangan perkuliaha dengan Metode Greedy dapat membantu dalam pengomptimalkan penggunakan ruangan perkuliahan dan meningkatkan efektivitas serta efisiensi ruangan perkuliahan. Dengan demikian, aplikasi ini berpotensi membawa manfaat bagi Fakultas Teknik dalam sistem pemakaian ruangan perkuliahan.</p> 2024-03-18T05:22:51+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/59108 Analisis Manajemen Insiden dan Masalah pada Helpdesk Terhadap Perbaikan Kualitas Pelayanan Publik Berdasarkan Framework ITIL V4 2024-04-01T04:53:09+00:00 Intan Rahma Diana Putri intan.17051214035@mhs.unesa.ac.id I Kadek Dwi Nuryana dwinuryana@unesa.ac.id <p><strong>Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri merupakan lembaga pemerintah yang menyediakan layanan dan optimalisasi teknologi dalam bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengukur <em>capability level </em>sehingga mengetahui GAP Analysis pada hepldesk terkait manajemen insiden dan masalah yang terjadi sehingga dapat memberikan rekomendasi aktivitas berdasarkan ITIL V4. Pedoman yang digunakan adalah <em>framework Information Technology Infrastructure Library</em> (ITIL) versi 4 dimana <em>framework</em> ini telah banyak diadopsi oleh perusahaan/lembaga. Penelitian ini berfokus pada praktik manajemen insiden dan manajemen masalah yang terjadi pada <em>helpdesk</em> dan metode yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan penyebaran kuesioner untuk menganalisis kemampuan lembaga<em>. </em>Narasumber atau responden didapat berdasarkan RACI Model pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Hasil dari penelitian dapat berupa rekomendasi aktivitas, penilaian level kemampuan dan kesenjangan yang terjadi dalam aktivitas manajemen insiden dan masalah. Level kemampuan manajemen insiden dan masalah pada <em>helpdesk</em> di Dispendukcapil Kota Kediri berada pada level 3 (<em>defined)</em> dimana semua aktivitas telah didefinisikan, didokumentasikan, distandarisasi, dan terintegrasi bersama. Dari hasil penilaian ini, aktivitas manajemen insiden dan masalah pada helpdesk di Dispendukcapil Kota Kediri belum memenuhi harapan penulis berdasarkan framework ITIL V4, namun insiden dan masalah yang terjadi telah dikelola dengan baik.</strong></p> 2024-04-01T04:53:09+00:00 ##submission.copyrightStatement##