https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/issue/feed Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI) 2024-05-15T06:35:09+00:00 Ghea Sekar Palupi jeisbi@unesa.ac.id Open Journal Systems https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/59405 Analisis Faktor Kesuksesan Aplikasi Danareksa Online Next Generation dengan Model Kesuksesan Delone & McLean dan End User Computing Satisfaction 2024-05-07T04:01:17+00:00 Rifqi Rasendriya Firmansyah rifqi.17051214023@mhs.unesa.ac.id Dwi Fatrianto Suyatno dwifatrianto@unesa.ac.id <p>Danareksa ialah perusahaan sekuritas di Indonesia yang memanfaatkan teknologi informasi untuk memudahkan nasabah mereka dalam berinvestasi, yaitu dengan membuat D’One Next-G atau Danareksa <em>Online</em> <em>Next Generation.</em> Aplikasi tersebut dapat diakses melalui<em> desktop</em> maupun <em>mobile</em> karena tersedia di <em>playstore</em> untuk<em> android</em> maupun <em>app store</em> untuk <em>iPhone</em>. Dengan aplikasi ini, pengguna dibantu agar dapat memilih keputusan terbaik dalam berinvestasi. Kepuasan pengguna adalah salah satu prioritas utama dalam mengembangkan aplikasi. Delone &amp; McLean melalui penelitian yang mereka adakan berpendapat bahwa dikatakan jika kepuasan pengguna secara umum diketahui sebagai tolak ukur terpenting keberhasilan suatu sistem. Metode Delone &amp; McLean mengukur kepuasan pengguna berdasarkan penilaian pada sistem terkait kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, penggunaan, dan <em>net benefit.</em> Selain metode Delone &amp; McLean, terdapat juga metode lain untuk untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna, dan salah satunya adalah <em>End User Computing Satisfaction</em> (EUCS). Metodologi yang dikembangkan Doll &amp; Torkzadeh(1988) ini tersusun dari beberapa variabel, yakni isi, akurasi, format, kemudahan penggunaan, serta efisiensi waktu dari sistem. Guna mengukur kepuasan pengguna aplikasi D’One Next-G, penelitian ini akan mengaplikasikan model kesuksesan Delone &amp; McLean dan metode EUCS. Penelitian ini akan mengungkap level kepuasan pengguna dan memperoleh informasi yang berguna untuk pihak Danareksa dalam pengembangan aplikasi D’One Next-G.</p> 2024-05-07T03:51:59+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/59431 Design and Build an Inventory Information System Using the Web-Based First-In First-Out (FIFO) Method at DNA Art Shop 2024-05-07T04:01:17+00:00 I Gede Adi Duta Saputra P. i.20048@mhs.unesa.ac.id I Kadek Dwi Nuryana dwinuryana@unesa.ac.id <p>MSMEs (Micro, Small, and Medium Enterprises) have a very important role in a country's economy. One of the MSMEs engaged in tourism is DNA Art Shop, located in Tanah Lot Art Market, Tabanan, Bali. This UMKM sells various souvenirs and souvenir clothes for tourists visiting Tanah Lot. Of course, in running business operations, each MSME has its own obstacles. Based on information obtained during interviews with sellers from DNA Art Shop, the obstacles faced are related to the inventory of goods. This obstacle is caused by the process of recording incoming and outgoing goods that have not been recorded properly, excess and shortage of stock items due to errors in stock information, and the accumulation of old goods that have not been sold. In connection with these problems, the purpose of this study is to design an inventory information system that can overcome the obstacles of recording goods at DNA Art Shop. The design of this information system uses the Rapid Application Development (RAD) method which consists of Requirement Planning, Workshop Design, Implementation, and Testing. The inventory management method applied in this study is the First In First Out (FIFO) method where the first item to enter inventory is the first to be sold or used. The result of this research is a website-based inventory information system that is a solution to the problem of data collection of goods at DNA Art Shop.</p> 2024-05-07T03:58:04+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/59454 Analisis Usability Terhadap User Rapor Online Menggunakan Metode WEBUSE dan Heuristic Evaluation (Studi Kasus : SD Al Kautsar Surabaya) 2024-05-07T04:01:17+00:00 Robbiatul Adawiyah robbiatul.17051214061@mhs.unesa.ac.id I Kadek Dwi Nuryana dwinuryana@unesa.ac.id <p>Rapor <em>Online</em> merupakan system aplikasi berbasis web yang diharapkan dapat mengubah pola manual menjadi pola digital dalam pelaporan hasil belajar peserta didik untuk disampaikan kepada orang tua siswa. <em>Website </em>Rapor <em>Online</em> merupakan salah satu upaya pemerintah khususnya Dinas Pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Surabaya. <em>Website</em> Rapor <em>Online </em>dilaksanakan sejak program kurikulum 2013 hingga saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat <em>usability</em> <em>Website</em> Rapor <em>Online</em>. Peneliti menggunakan metode WEBUSE dan Heuristic Evaluation dengan menyebarkan kuesioner kepada 107 resoponden untuk mengetahui nilai tingkat <em>usability</em> <em>website</em> rapor <em>online</em>. Kemudian, hasil kuesioner akan dianalisis dengan menggunakan software SPSS versi 23.0 . Hasil analisis mengungkapkan bahwa <em>website</em> rapor <em>online</em> memiliki level <em>usability</em> “GOOD” dengan nilai 0,73 yang artinya <em>website</em> rapor <em>online</em> memiliki tingkat <em>usability</em> yang sesuai dan memenuhi kebutuhan user. Namun, terdapat masalah <em>usability</em> terkait User Control Freedom dan Help and Documentation pada interface website yang mendapatkan nilai severyting skala 2. Masalah usability pada dua evaluasi akan diberikan rekomendasi untuk meningkatkan level usability.</p> 2024-05-07T04:00:45+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/59503 Performance Evaluation of Maxy Academy Learning Management System (LMS) Implementation Using the Task Technology Fit (TTF) Method 2024-05-15T05:26:46+00:00 Virelle Rachel Caroline Napitupulu virelle.20099@mhs.unesa.ac.id Ghea Sekar Palupi gheapalupi@unesa.ac.id <p>Information technology today has changed many aspects of daily life, one of which is in the field of education. One of the applications that support this is Maxy Academy's Learning Management System. Maxy Academy LMS is a system used for learning in terms of online skill development. The goal of the company is to provide opportunities for individuals to improve their knowledge and skills through a structured curriculum and experienced infrastructure. This study aims to determine the success rate of Maxy Academy LMS implementation using the Task Technology Fit (TTF) method. From the results of the distribution of respondents, 333 respondents were obtained and the data preprocessing stage was carried out so that the remaining 273 respondents were processed. The results showed that all variables in this study had a significant effect. But the Task Technology Fit variable has a weak R-Square value of 0.224. So the recommendations that can be given by Maxy Academy LMS can provide the latest and detailed content, provide convenience for users in terms of information, and maintain user data and evaluation results more carefully.</p> 2024-05-15T05:26:46+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/59540 Perancangan User Interface / User Experience Pada Game Edukasi Kesenian Wayang “Metabharata” Berbasis Mobile Dengan Pendekatan Design Thinking 2024-05-15T06:06:52+00:00 Husnul Mubaroq husnul.20032@mhs.unesa.ac.id I Kadek Dwi Nuryana dwinuryana@unesa.ac.id <p>Dalam era digital saat ini, permainan edukasi menjadi sarana efektif untuk mengintegrasikan pembelajaran dengan hiburan. Kesenian wayang merupakan warisan budaya Indonesia yang kaya akan nilai dan sejarah, namun minat terhadap wayang khususnya di kalangan muda cenderung menurun, terdesak oleh budaya asing dan keterbatasan waktu luang. Mengingat efektivitas <em>game</em> edukasi sebagai media pembelajaran yang menyenangkan, Metabharata dirancang untuk merevitalisasi dan meningkatkan apresiasi terhadap kesenian wayang, sekaligus sebagai upaya pelestarian budaya.. Penelitian ini menggunakan metodologi <em>design thinking</em> yang meliputi tahapan <em>empathize, define, ideate, prototype,</em> dan <em>testing,</em> dengan dukungan <em>tools</em> Figma untuk desain dan <em>Maze </em>untuk <em>usability testing</em>. Hasil studi literatur, survei, dan analisis kebutuhan pengguna dijadikan dasar dalam merancang UI/UX <em>game </em>yang tidak hanya menarik secara visual tapi juga fungsional dan informatif. <em>Prototype</em> yang dihasilkan kemudian diuji coba untuk mendapatkan <em>feedback</em> dari pengguna target, yaitu pelajar dan mahasiswa berusia 15-25 tahun. Hasil pengujian mendapatkan nilai sebesar 96% yang menunjukkan bahwa desain UI/UX Metabharata diterima dengan baik, dimana pengguna merasa tertarik dan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan serta edukatif terkait kesenian wayang. Peneliti berharap Metabharata dapat menjadi salah satu media alternatif dalam mengedukasi dan menghibur, sekaligus memperkenalkan kesenian wayang kepada generasi muda, mengingat pentingnya pelestarian budaya dalam menghadapi globalisasi dan arus informasi modern.</p> 2024-05-15T06:06:52+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/59545 Forecasting Model of Ice Poci Tea Sales with Linear Regression Algorithm and Determination of Reorder Point Using Safety Stock and Reorder Point Methods 2024-05-15T06:21:23+00:00 Devi Riskhi Kurniawati deviriskhi.20062@mhs.unesa.ac.id I Kadek Dwi Nuryana dwinuryana@unesa.ac.id <p>Franchising is a form of cooperation between business owners and other parties with certain terms and conditions. Poci Iced Tea in Widodaren sub-district is one of the franchised businesses. However, this business often experiences problems in its business, especially the problem of controlling raw materials.</p> <p>Problems in business related to inventory control are shortages or excess inventory which leads to increased storage costs. To avoid these problems, it can be done by forecasting sales.</p> <p>In this study, the authors used the Linear Regression algorithm to create a sales forecasting model for iced tea pots. Researchers conducted a collection to obtain historical data based on the required variables, namely the number of sales of jasmine and vanilla variants of iced tea, rainfall, days, and ice cube usage.</p> <p>The results of this study obtained that the Iced Tea Poci Shop needs to prepare a Safety Stock of 48 pcs of jasmine variant tea, or each type of 16 pcs; and as many as 25 pcs of vanilla variant tea; and as many as 6 ball cups of 16oz teapots, for safety raw materials in case of unexpected sales. The Iced Tea Poci shop needs to reorder raw materials if there are 243 pcs of jasmine variant tea left or 81 pcs of each type left, a total of 3,900 pcs or 1,300 pcs for each type of tea; and if there are 88 pcs of vanilla variant tea left, a total of 1,275 pcs of tea, and if there are 28 balls left, a total of 431 balls of 16oz teacups.</p> 2024-05-15T06:21:23+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/59572 Measuring User Satisfaction with Stechoq Academy Platform Using End User Computing Satisfaction (EUCS) Method and Webqual 4.0 (Case Study: PT. Stechoq Robotika Indonesia) 2024-05-15T06:27:52+00:00 Zuhra Reiqifakh Paguini zuhra.20110@mhs.unesa.ac.id Bonda Sisephaputra bondasisephaputra@unesa.ac.id <p>Stechoq Academy is a platform to provides e-learning facilities for students participating in the Certified Internship and Independent Study Program (MSIB). The aim of this research is to measure user satisfaction with the Stechoq Academy platform and to identify the factors influencing user satisfaction using the End User Computing Satisfaction (EUCS) and WebQual 4.0 methods, as well as aspects that require evaluation. The variables analyzed are the dependent variable is User Satisfaction, and the independent variables is Content, Accuracy, Format, Timeliness, Ease of Use, Usability, Information Quality, and Service Interaction. The data analysis method in this research uses the PLS-SEM approach with the SmartPLS application.</p> <p>The results of this study indicate that the average user satisfaction measurement for the Stechoq Academy platform is 3.14, categorized as Satisfied. Factors influencing user satisfaction with 8 hypotheses and 1 accepted hypothesis are the Content variable with a t-test value of 2.275 above 1.96 and a path coefficient value of 0.280 above 0.1, indicating a significant relationship and influence on user satisfaction with the Stechoq Academy platform.</p> 2024-05-15T06:27:52+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/59469 Analisis Tingkat Keamanan Informasi Pada RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro Menggunakan Indeks KAMI Berdasarkan ISO 27001:2013 2024-05-15T06:35:09+00:00 Maraqonitatilla . maraqonitatill.20064@mhs.unesa.ac.id Ghea Sekar Palupi Gheapalupi@unesa.ac.id <p>Dalam pemanfaatan teknologi informasi, keamanan informasi sangat penting untuk diperhatikan oleh seluruh anggota organisasi atau instansi. Salah satu organisasi yang perlu memperhatikan keamanan informasinya adalah rumah sakit. Banyak data penting yang dikelola rumah sakit, seperti data pribadi pasien dan data rekam medis. Terdapat peraturan yang menuliskan bahwa data pribadi dan data rekam medis pasien harus disimpan dan dijaga keamanannya dari akses dan penggunaan yang tidak memiliki hak. Untuk itu, diperlukan penerapan manajemen keamanan informasi pada rumah sakit untuk menjamin keamanan data medis milik pasien agar tetap utuh, tersedia, akurat, dan rahasia. Selain menerapkan manajemen keamanan informasi sesuai dengan standar dan protokol yang berlaku, perlu dilakukan evaluasi atau penilaian terhadap manajemen keamanan informasi yang diterapkan. Indeks Keamanan Informasi, atau Indeks KAMI, dibuat oleh Kementerian Kominfo dan disesuaikan dengan standar ISO 27001:2013, dimaksudkan untuk membantu instansi dalam mengukur kematangan, kesiapan, dan kelengkapan manajemen keamanan informasi. Dalam penelitian ini, dilakukan evaluasi keamanan informasi pada RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro, yang terletak di Kabupaten Bojonegoro menggunakan Indeks KAMI yang telah sesuai dengan standar dan protokol ISO 27001:2013. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoeosoemo Bojonegoro belum menerapkan pengamanan yang layak sesuai standar ISO 27001:2013. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan.</p> 2024-05-15T06:35:09+00:00 ##submission.copyrightStatement##