PENGEMBANGAN MODUL PENGELOLAAN KAS KECIL BERBANTUAN ADOBE FLASH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS XI APK SMK NEGERI 1 SURABAYA

  • DITA MAITA SARI
  • JAKA NUGRAHA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul Mata Pelajaran Administrasi Keuangan peserta didik kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Surabaya dan menganalisa kelayakannya. Pengembangan dilakukan karena belum adanya bahan ajar untuk Mata Pelajaran Administrasi Keuangan. Selain itu, slogan one student one laptop yang dimiliki SMK Negeri 1 Surabaya juga menjadi alasan untuk mengembangkan modul dengan bantuan aplikasi Adobe Flash sehingga pembelajaran berbasis komputer dapat dilakukan. Adobe Flash memungkinkan modul dirancang dengan memadukan teks, gambar, audio dan video. Modul disesuaikan untuk pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan untuk meningkatkan kompetensi literasi digital peserta didik melalui Scientific Corner. Penelitian dan Pengembangan ini mengacu pada Model Pengembangan ADDIE dengan instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, angket validasi ahli dan angket evaluasi modul. Kelayakan modul didasarkan pada hasil validasi ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan berupa Modul Pengelolaan Kas Kecil Berbantuan Adobe Flash dengan Pendekatan Saintifik Kelas XI APK termasuk dalam kategori sangat layak untuk aspek materi dan media serta termasuk kategori layak untuk aspek kebahasaan. Setelah melalui beberapa tahap perbaikan, modul juga dinyatakan menarik dan membantu dalam pembelajaran peserta didik berdasarkan hasil evaluasi modul. Dengan demikian, Modul Pengelolaan Kas Kecil Berbantuan Adobe Flash dengan Pendekatan Saintifik Kelas XI APK hasil pengembangan ini layak dan dapat digunakan oleh peserta didik dalam pembelajaran Administrasi Keuangan.

Kata Kunci: Pengembangan modul, kas kecil, model ADDIE, adobe flash.

Published
2018-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 43