Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Portofolio Mata Pelajaran Sarana dan Prasarana Kelas XI APK Semester Ganjil di SMK Muhammadiyah 1 Taman

  • BUNGA ILMA ISLAMI

Abstract

Administrasi sarana dan prasarana merupakan salah satu mata pelajaran produktif pada program keahlian Administrasi Perkantoran. Upaya untuk mendukung dalam kegiatan pembelajaran, penggunaan modul diperlukan sebagai bahan ajar yang disesuaikan dengan kebutuhan yang dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta didik. Salah satunya dengan pengembangan modul berbasis portofolio. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD). Analisis data yang digunakan untuk mengukur penilaian validasi ahli menggunakan skala penelitian Likert dan evaluasi siswa menggunakan skala penelitian Guttman. Pada pengembangan modul berbasis portofolio menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari Pendefinisian (define), Perencanaan (design), Pengembangan (develop), dan Penyebaran (disseminate). Penyebaran hanya terbatas pada 15 siswa kelas XI APK SMK Muhammadiyah 1 Taman. Hasil penilaian oleh validasi para ahli memperoleh rata-rata kelayakan modul sebesar 81% dengan kategori sangat kuat dan pada hasil evaluasi siswa mendapatkan presentase sebanyak 91% dengan kategori sangat kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa modul Administrasi Sarana dan Prasarana berbasis Portofolio kelas XI APK dinyatakan sangat kuat untuk dijadikan sebagai bahan ajar di SMK Muhammadiyah 1 Taman.

Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Berbasis Portofolio, Administrasi Sarana dan Prasarana






Published
2018-07-23
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 36