Penerapan Model Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Di Kelas XI APK SMKN 2 Kediri

  • DEVI ROSANTI
  • DURINTA PUSPASARI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model direct instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kearsipan di kelas XI APK SMKN 2 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, menggunakan Quasi Experimental Design dan jenis Nonequivalent Control Group Design. Pada uji hipotesis dari posttest yang dilaksanakan menggunakan bantuan SPSS dengan versi 16 menunjukkan bahwa thitung sebesar 3,456 dengan taraf signifikansi sebesar 0,01. Hal tersebut menunjukkan sig.hitung <  (0,01<0,05) atau thitung>ttabel (3,456 > 1,688, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sedangkan hasil uji hipotesis yang didapat dari selisih nilai pretest-posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa diperoleh thitung sebesar 2,968 dengan taraf signifikansi sebesar 0,004. Hal ini menunjukkan sig.hitung <  (0,04 < 0,05) atau thitung > ttabel (2,968 > 1,688), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model direct instruction dengan yang tidak menggunakan model direct instruction pada mata pelajaran Kearsipan.

Kata Kunci: Model Direct Instruction, Hasil Belajar Siswa, Kearsipan

Abstract

This research aims to know application of direct instruction model to escalate the results of student learning on archival lesson in class XI APK SMKN 2 Kediri. This research is an experimental research, using Quasi Experimental Design and this type is Nonequivalent Control Group Design. The subjects of this reseacrh were students of class XI APK 1 as experimental class consisting of 36 students and XI APK 3 as a control class consisting of 36 students. In hypothesis test of posttest by using aid of SPSS version 16 show that tcount equal to 3,456 with significance level equal to 0,01. This shows sig.count < (0,01 <0,05) or tcount> ttable (3,456> 1,688, Ha is accepted and H0 rejected. While the hypothesis test obtained from pretest-posttest difference between experiment and control class shows that obtained tcount equal to 2,968 with significance level equal to 0,004 It shows sigcount < (0,04 <0,05) or tcount> ttable (2,968> 1,688), Ha accepted and H0 rejected. So that can be expressed that there are differences on results of student learning using direct instruction model with those who do not use direct instruction model in archival lesson.

Keywords: Direct Instruction Model, The Results of Student Learning, Archival


Published
2018-07-23
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 35