PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH MATA PELAJARAN KORESPONDENSI PADA KELAS X APK 1 DI SMK KETINTANG SURABAYA

  • LESTARI NUR JAYANTI
  • DURINDA PUSPASARI

Abstract

Pengembangan modul berbasis Scientific Approach ini untuk mengetahui Perbedaan Modul Pembelajaran Berbasis Mata Pelajaran Korespondensin pada Kelas X APK 1 di SMK Ketintang Surabaya sebelum dikembangkan dan sesudah dikembangkan, mengetahui Kelayakan Modul, dan mengetahui Evaluasi siswa Kelas X APK 1 terhadap modul yang telah dikembangkan. Penelitian ini adalah pengembangan yang dikembangkan menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisan perancangan pengembangan dan penyebaran Tetapi dalam penelitian ini peneliti hanya sampai pada tahap pengembangan saja karena modul hanya terbatas pada satu kompetensi dasar saja. Instrument penelitian ini adalah validasi ahli, dan evaluasi siswa. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan skala likert. Perbedaan modul sebelum dikembangkan dan sesudah dikembangkan yakni modul sebelumnya materi kurang lengkap, tidak terdapat petunjuk penggunaan modul dan kunci jawaban, soal evaluasi hanya pilihan ganda dan essai. Sementara modul yang dikembangkan peneliti materi runtut dan lengkap, terdapat petunjuk penggunaan modul dan kunci jawaban, dan disertai soal evaluasi berupa pilihan ganda, essai, dan permainan mencocokkan. Hasil validasi ahli isi dan penyajian memperoleh sebesar’ 85,00% dengan’ kategori sangat’ ‘layak, hasil’ validasi ahli bahasa sebesar’ 96,00% dengan’ kategori sangat layak dan validasi’ ahli’ kegrafikan sebesar’ 88,00% dengan’ kriteria’ sangat’ ‘layak. Dari hasil evaluasi siswa memperoleh hasil 96,00% dengan kriteria sangat’ baik’ untuk digunakan’ sebagai’ bahan’ ajar.

The development of Scientific Approach-based module is to find out the Differences of Subject-Correlevant Learning Module in Class X APK 1 in SMK Ketintang Surabaya before developed and after developed, knowing the Module Feasibility, and to know the Evaluation of the students of Class X APK 1 to the developed module. The type of this research is research development with 4-D model which consists of defining stage of development and deployment design. However in this research the researcher only until development stage only because the module is only limited to one basic competency only. The instrument of this study is expert validation, and student evaluation. Technique of data analysis of this research use likert scale. Differences before the module developed the material is not complete, there is no instructions on the use of modules and key answers, the question of evaluation is only a multiple choice and essay. While the module developed by the researcher material is coherent and complete, there are instructions on using module and answer key, and accompanied by evaluation questions such as multiple choice, essay, and matching game. Expert validation and presentation results obtained by 85.00% with very feasible category, the result of validation of linguists by 96.00% with very decent category and validation of chart expert of 88.00% with very reasonable criteria. From result of student evaluation get result 96,00% with very good criterion to be used as teaching material in learning process


Published
2018-07-23
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 19