PENGEMBANGAN E-MODUL DIGITAL FLIPBOOK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PENYIMPANAN ARSIP KELAS X OTKP 1 DI SMKN 10 SURABAYA

  • EVA NURUS SHOBAHAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengembangan e-modul digital FlipBook berbasis discovery learning pada materi sistem penyimpanan arsip kelas X OTKP 1 di SMKN 10 Surabaya, kelayakan e-modul digital FlipBook berbasis discovery learning pada materi sistem penyimpanan arsip kelas X OTKP 1 di SMKN 10 Surabaya dan evaluasi siswa terhadap e-modul digital FlipBook berbasis discovery learning pada materi sistem penyimpanan arsip kelas X OTKP 1 di SMKN 10 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu; pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas X OTKP 1 SMKN 10 Surabaya. Penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli kegrafikan serta lembar evaluasi siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa tingkat kelayakan isi e-modul sebesar 94,6%, kelayakan penyajian sebesar 96%, kelayakan kebahasaan sebesar 94%, kelayakan kegrafikan sebesar 94,4%. Total keseluruhan kelayakan e-modul sebesar 94,75% dengan kriteria sangat kuat. Uji coba yang dilakukan pada siswa menunjukkan hasil rata-rata skor pengembangan e-modul sebesar 90% dengan kategori sangat kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-modul digital FlipBook berbasis discovery learning sangat layak digunakan sebagai bahan ajar pada materi sistem penyimpanan arsip.

Kata Kunci: pengembangan e-modul, digital FlipBook, discovery learning, materi sistem penyimpanan arsip

Abstract

The research aims to know the development of e-module digital FlipBook based on discovery learning on OTKP class X filing system material at SMKN 10 Surabaya, feasibility of e-module digital FlipBook based on discovery learning on OTKP class X filing system material at SMKN 10 Surabaya and evaluation students to e-module digital FlipBook based discovery learning on OTKP Class X filing system material at SMKN 10 Surabaya. The research method is using 4-D method consisting of 4 stages namely; define, design, develop and disseminate. Subjects in this study were 20 students of class X OTKP 1 SMKN 10 Surabaya. This study used a validation sheet of material experts, linguists and graphis expert and student evaluation sheet. Validation results showed that the e-module content feasibility level of 94.6%, 96% presentation feasibility, language feasibility of 94%, 94.4% of the feasibility of graduation. The total e-module eligibility is 94.75% with very strong criteria. Trials conducted on the students showed average results of e-module development score of 90% with very strong category. Thus it can be concluded that the e-module digital FlipBook-based discovery learning is very feasible to use as a teaching material on the material filing system.

Keywords: development of e-modul, digital FlipBook, discovery learning, archive storage system material

Published
2018-07-23
Section
Articles
Abstract Views: 242
PDF Downloads: 386