Pengembangan Modul Melalui Interactive Learning Module (ILM) Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Kelas X OTKP di SMK Negeri 4 Surabaya

  • MUHAMAD BIMA SAKTI
  • JAKA NUGRAHA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan modul melalui interactive learning module (ILM) pada mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X OTKP di SMK Negeri 4 Surabaya serta menganalisa modul yang dikembangkan Pengembangan modul dilakukan karena belum adanya bahan ajar modul khususnya mata pelajaran teknologi perkantoran. Jenis penelitian yang dikembangkan menggunakan R&D dengan mengacu pada model penggembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek penelitian adalah 18 peserta didik kelas X OTKP 2 di SMK Negeri 4 Surabaya. Adapun hasil penelitian menunjkan bahwa modul yang di kembangkan yaitu Interactive Learning Module Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran kelas X OTKP termasuk dalam kategori sangat layak dari segi aspek materi, Bahasa dan grafis. Hasil persentase dari ahli materi 84,5% dengan kategori sangat kuat, persentase dari ahli Bahasa 77,97% dengaan kategori kuat dan ahli grafis memperoleh persentase 93,33%, serta hasil angket evaluasi siswa sebesar 90,28% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian, Modul melalui interactive learning module pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Kelas X OTKP di SMK Negeri 4 Surabaya hasil pengembangan ini layak dan dapat digunakan oleh peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar Teknologi Perkantoran.

Kata Kunci: Pengembangan Modul, Teknologi Perkantoran, Interactive Learning Modul, Model ADDIE.
Published
2018-08-13
Section
Articles
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 51