PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM SISWA KELAS X OTKP DI SMK PGRI 2 SIDOARJO

  • YAHYA AHMADI

Abstract

Perkembangan zaman tak luput dari arus modernisasi dan globalisasi, maka dari itu sistem pendidikan sekarang harus dirancang dan disesuaikan menurut perkembangan zaman agar tepat sasaran dan berdaya guna. Sistem pendidikan yang paling terbaru adalah kurikulum 2013 revisi 2017 fokus pembelajaran ada pada siswa (student centered) dan guru bertindak sebagai fasilitator. Peran guru selalu mendampingi dan mengawasi siswa agar pembelajaran tetap dalam kondisi yang terkontrol. Namun apabila guru sudah merancang Rencana Program Pembelajan (RPP) yang didalamnya terkandung rencana dari guru masuk dan berdiri di depan kelas sampai evaluasi pembelajaran dilakukan namun jika apa yang diterapkan tidak sesuai dengan yang direncanakan maka perlu adanya suatu bantuan berupa model pembelajaran. Pentingnya pembelajaran evaluasi bertujuan agar mengetahui tolak ukur akhir keberhasilan siswa dalam pemahaman terhadap kemampuan materi yang dijalaninya. Model pembelajaran kooperatif tipe course review horay (CRH) menjawab persoalan tersebut dimana pembelajaran mereview atau mengevaluasi dapat dilakukan dengan waktu yang singkat tanpa memakan banyak waktu. Hal ini dibuktikan dalam presentase rata-rata tes akhir atau post test dalam perbedaan perolehan kelas eksperimen yang mendapat pengaruh perlakuan sebesar 91,45% lebih besar dari kelas yang tidak mendapat pengaruh yaitu kelas kontrol yang hanya sebesar 83,86% memiliki perbedaan yang jauh signifikan sebesar 7,59%. Dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe course review horay yang diterapkan mempunyai pengaruh terhadap proses akhir pembelajaran yaitu hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, CRH, Hasil Belajar

Published
2018-08-13
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 16