Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Kompetensi Dasar Menganalisis dan Membuat Surat Niaga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X APK SMK PGRI 2 Sidoarjo

  • SILVI NAYATUL DIASTAFA

Abstract

Tujuan penelitian ini merupakan untuk melihat bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada kompetensi dasar menganalisis dan membuat surat niaga terhadap hasil belajar peserta didik kelas X APK SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen kuasi (quasi experimental design) dengan bentuk nonequivalent control group design. Penelitian ini mengambil subjek peserta didik kelas X APK 1 sebagai control class dan kelas X APK 3 sebagai experiment class. Penelitian menunjukkan rata-rata pretest experiment class 55,97 dan control class 55,97 ; rata-rata posttest experiment class 86,82 dan control class 81,53 ; sedangkan gain score experiment class 30,89 dan control class 25,50. Uji t posttest menunjukkan thitung sebesar 5,004 dengan sig. (2-tailed) ,000 (0,00) dan ttabel 1,987. Hasil ini menunjukkan bahwa t-test < 0,05 yaitu 0,00 < 0,05 dan thitung (5,004) > ttabel (1,987). Uji t gain score menunjukkan thitung sebesar 3,946 dengan sig. (2-tailed) ,000 (0,00) dan ttabel 1,987 dengan sig. 0,05. Hasil menunjukkan bahwa t-test < 0,05 yaitu 0,00 < 0,05 dan thitung (3,946) > ttabel (1,987). Berdasarkan hasil analisis uji t di atas, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada kompetensi dasar menganalisis dan membuat surat niaga terhadap hasil belajar peserta didik kelas X APK SMK PGRI 2 Sidoarjo, dimana hasil experiment class yang menggunakan tipe CIRC lebih tinggi daripada control class.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe CIRC, Hasil Belajar

Published
2018-08-16
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 16