PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR ADMINISTRASI SARANA PRASARANA SISWA KELAS XI APK DI SMKN 1 SOOKO MOJOKERTO

  • NOVA ISNANI
  • DURINTA PUSPASARI

Abstract

Guru harus menguasai keterampilan pedagogik agar tercipta pembelajaran yang efektif dan efisien. Model pembelajaran langsung merupakan sebuah pendekatan mengajar untuk memperoleh penguasan konsep dan keterampilan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar Administrasi Sarana Prasarana dan untuk mengetahui hasil belajar Administrasi Sarana Prasarana siswa kelas XI APK di SMKN 1 Sooko Mojokerto. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan quasi experimental design. Berdasarkan uji statistik Independet Sample Test diperoleh taraf signifikansi t-test sebesar 0,002<0,05 dan thitung (3,29)>ttabel (2,002), maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran langsung pada hasil belajar Administrasi Sarana Prasarana. Selain itu hasil perhitungan dari selisih nilai pretest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,002<0,05 dan thitung (3,24)>ttabel (2,002), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran langsung pada hasil belajar Administrasi Sarana Prasarana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan pada selisih hasil pretest-posttest kelas eksperimen sebesar 24,50 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 17,333.

Published
2018-09-10
Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 39