Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Pada Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan Kelas XI APK 3 SMK Adhikawacana Surabaya

Authors

  • KARTIKA DEWI
  • DURINDA PUSPASARI

Abstract

Pengembangan media diorama ini untuk mengetahui proses pengembangan media diorama pada Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan kelas XI APK 3, mengetahui kelayakan media dan mengetahui evaluasi siswa kelas XI APK 3 terhadap media yang telah dikembangkan. Subjek uji voba dilakukan pada kelas XI APK 3 dengan jumlah 20 siswa. Teknik analisis data penelitian ini menggunaka skala likert. Instrumen menggunakan lembar validasi ahli materi dan media serta lembar evaluasi siswa. Proses pengembangan media ini menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementasi dan Evaluasi. Hasil validasi ahli materi sebesar 92,6% dengan kategori sangat layak, hasil validasi media sebesar 85,3% dengan kategori sangat layak. Dari hasil evaluasi siswa memperoleh hasil 98% dengan kriteria sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-10-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 92 , PDF Downloads: 619