PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN LECTORA INSPIRE PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PENGOPERASIAN TRANSAKSI ONLINE KELAS X MP 1 DI SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO

  • ANANG BAGUS SETIA BUDI

Abstract

Abstrak

Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk menyampaikan isi atau pesan yang lebih menarik sehingga akan menumbuhkan keinginan dan motivasi belajar bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, dan evaluasi siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbantuan Lectora Inspire pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online Kelas X MP 1 Di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan prosedur penelitian 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Pendefinisian (define), Perancangan (design), Pengembangan (develop) dan Penyebaran (disseminate). Tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbantuan Lectora Inspire dinyatakan melalui validasi ahli materi, validasi ahli media, validasi ahli bahasa dan evaluasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata persentase dari validasi ahli materi sebesar 84,3%, validasi ahli media sebesar 88,6% dan validasi ahli bahasa sebesar 88,3% dengan kategori sangat layak. Sementara hasil lembar evaluasi siswa memperoleh rata-rata persentase 91,6% dengan persentase sangat layak, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan Lectora Inspire layak digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online.

Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Transaksi Online


Abstract

Media learning is everything used in the learning process that aims to deliver content or messages that are more interesting so that it will foster the desire and motivation of learning for students. This research aims to find out how development, feasibility, and evaluation of the students against the media-assistes interctive learning on Basic Competence Lectora Inspire Apply the Operation of Online Transactions Class X MP 1 at SMK 2 Buduran Sidoarjo. This type of research is a research and development research (R & D) with 4D research procedures consists of 4 stages namely Definition (define), Design (design), Development (develop) and Deployment (disseminate). The eligibility rate of assisted interactive learning media Lectora Inspire stated through expert validation materials, validation, validation media expert linguists and evaluation of students. Based on the results of the study, the average percentage of expert material validation of 84.3%, media expert validation of 88.6% and validation of linguists of 88.3% with a very worthy category. While the results of the evaluation sheet of the students gained an average of 91.6% percentages with percentage of very decent, so it can be concluded that interactive learning media assisted by Lectora Inspire is appropriate to be used in the learning process, especially in Basic Competencies in Implementing Online Transaction Operations.

Keyword: Learning Media Development, Lectora Inspire, Online Transactions
Published
2019-01-03
Section
Articles
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 103