PENGARUH SARANA PRASARANA DAN LAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT BACA PENGUNJUNG DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN SIDOARJO

  • UMI NAZILATUR ROHMAH

Abstract

Perpustakaan sebagai tempat dihimpunnya berbagai bahan pustaka didirikan untuk memenuhi minat baca pengunjung. Minat baca disini dipengaruhi oleh kondisi sarana prasarana dan layanan perpustakaan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui kondisi sarana prasarana, layanan perpustakaan, dan minat baca pengunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo, (2) Untuk menganalisis pengaruh sarana prasarana terhadap minat baca pengunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo, (3) Untuk menganalisis pengaruh layanan perpustakaan terhadap minat baca pengunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo, (4) Untuk menganalisis pengaruh sarana prasarana dan layanan perpustakaan terhadap minat baca pengunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo.

Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah teknik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang mengambil sampel sebanyak 72 pengunjung dari total populasi sebanyak 90 pengunjung. Adapun teknik pengumpulan data peneliti menggunakan kuisioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan (1) Kondisi sarana prasarana dan layanan perpustakaan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo sudah baik dan memenuhi Standar Nasional Perpustakaan Kabupaten/Kota, sedangkan kondisi minat baca pengunjung berdasarkan hasil jawaban kuisioner didapat nilai skor rata-rata 4,1 dari rentang skor 0,00 – 5,00 yang temasuk kategori setuju. Sehingga pengunjung merasa ketersediaan sarana prasarana dapat meningkatkan minat baca pengunjung, (2) Terdapat pengaruh secara parsial antara sarana prasarana terhadap minat baca pengunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo, (3) Terdapat pengaruh secara parsial antara layanan perpustakaan terhadap minat baca pengunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo, (4) Terdapat pengaruh positif secara simultan antara sarana prasarana dan layanan perpustakaan terhadap minat baca pengunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo.

Kata Kunci: sarana prasarana, layanan perpustakaan, dan minat baca

Published
2019-01-08
Section
Articles
Abstract Views: 168
PDF Downloads: 159