Pengembangan Modul Berbasis Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran untuk Siswa Kelas X OTKP 2 di SMK PGRI 2 Sidoarjo

  • MIFTAQUL JANNAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan modul, kelayakan modul, respon siswa terhadap modul berbasis Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran untuk siswa kelas X OTKP 2 di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan. Subyek penelitian ini adalah 15 siswa kelas OTKP 2 di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Objek penelitian adalah pengembangan modul berbasis Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran. Instrumen penelitian yaitu berupa lembar validasi modul ahli materi, bahasa, dan kegrafikan dan lembar angket respon siswa. Analisis data ini bertujuan untuk mengukur penilaian validasi ahli materi, bahasa, kegrafikan, dan angket respon siswa. Hasil penelitian pada proses pengembangan modul menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari pendefinisian, perancangan, pengembangan, penyebaran. Kemudian hasil kelayakan modul diketahui melalui hasil validasi ahli materi dengan persentase sebesar 83.75% yang memperoleh kategori sangat layak, hasil validasi bahasa dengan persentase sebesar 87.69% yang memperoleh kategori sangat layak, hasil validasi kegrafikan dengan persentase sebesar 88% yang memperoleh kategori sangat layak. Respon siswa didapatkan dari proses uji coba terbatas oleh 15 siswa kelas X OTKP 2 di SMK PGRI 2 Sidoarjo dengan mengisi lembar respon siswa dengan persentase sebesar 97.7% yang memperoleh kategori sangat baik. Sehingga dengan pengembangan modul Teknologi Perkantoran sangat layak digunakan untuk bahan ajar siswa.

Kata Kunci: Pengembangan Modul, kurikulum 2013, Teknologi Perkantoran.

Abstract

This study aims to determine the module development process, module feasibility, student responses to the 2013 Curriculum-based modules on Office Technology subjects for class X OTKP 2 at SMK PGRI 2 Sidoarjo. This type of research is research and development. The subjects of this study were 15 OTKP 2 students at SMK PGRI 2 Sidoarjo. The object of research is the development of a 2013 Curriculum-based module on Office Technology subjects. The research instruments were in the form of material expert module validation sheets, language, and graphics and student response questionnaire sheets. This data analysis aims to measure the assessment of material expert validation, language, graphics, and student response questionnaires. The results of the research on the module development process used a 4-D development model consisting of defining, designing, developing, distributing. Then the results of module feasibility are known through the results of material expert validation with a percentage of 83.75% which obtained a very feasible category, the results of language validation with a percentage of 87.69% which obtained a very feasible category, the results of graphical validation with a percentage of 88% who obtained a very feasible category. Student responses obtained from the trial process were limited by 15 students of class X OTKP 2 in SMK PGRI 2 Sidoarjo by filling the student response sheet with a percentage of 97.7% which received a very good category. So that the development of Office Technology modules is very feasible to be used for student teaching materials.

Keywords: Module Development, 2013 curriculum, Office Technology.



Published
2019-01-09
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 61