PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS ANIMASI KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS SURAT NIAGA DI SMK 2 KRIAN

  • HANGGER DWIPA DARMA SENA

Abstract

Abstrak

Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar dapat bersaing khususnya dalam dunia kerja mendatang. Pemerintah telah banyak melakukan inovasi untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia dari segi tenaga pengajar, fasilitas, kurikulum. Salah satu fasilitas penting yang dapat menunjang berhasilnya pendidikan yaitu teknologi, pada era berkembangnya teknologi dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mendukung proses pembelajaran. Media pembelajaran audio visual berbasis animasi memiliki daya tarik sehingga bukan hanya dapat menerangkan materi yang sulit tetapi media animasi juga dapat menarik perhatian untuk memberikan motivasi peserta didik terlibat dalam proses pembelajaran. Model pengembangan media pembelajaran yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap utama yaitu define (Pendefinisian), design (Perancangan) ,develop (Pengembangan), disseminate (Penyebaran). Subjek penelitian ini yaitu 2 ahli materi,1 ahli media, dan 15 peserta didik kelas X APK SMK 2 Krian. Penelitian ini akan menunjukkan kelayakan media pembelajaran audio visual berbasis animasi sehingga dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian pengembangan media audio visual untuk menambah variasi bahan ajar pendukung bagi peserta didik agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Hasil validasi pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis animasi dari ahli materi memperoleh kriteria sangat layak. Dari ahli media memperoleh kriteria layak, serta hasil dari angket respon siswa memperoleh kriteria sangat layak. Dapat ditarik kesimpulan bahwasanya pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis animasi pada mata pelajaran korespondensi kelas X APK SMK 2 Krian “Sangat Layak” digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dan menambah variasi bahan ajar pendukung bagi peserta didik.

Kata Kunci: Pengembangan Media, Audio Visual, Materi Korespondensi

Abstract

Education has an important role in improving the quality of human resources in order to compete especially in the world of work ahead. The government has made many innovations to improve the quality of education in Indonesia in terms of teaching staff, faciolities, curriculum. One important facility that can support the success of education is technology, in the era of development technology can be used as a means to support the learning process. Animation- based audio visual learning media has an appeal so that not only can it explain difficult material but animation media can also attract attention to motivate students to be involved in the learning process. The learning media development model used is the 4-D development model which consists of four main stages, namely Define, Design, Develop, Disseminate. The subjects of this study were 2 materials experts, 1 media expert, and 15 X grade students APK 2 Krian Vocational School. This study will address the feasibility of animation-based audio-visual learning media so that it can be used in learning activities. In the development of media audio visual is to increase the variety of supporting teaching materials for students so that learning activities be come effective and efisient. The result of the validation of the development of animation-based audio visual learning media from material experts obtained an very feasible criteria. From media expert obtain an eligible criteria, an the results of student questionnaire responses obtain an very decent criteria. It can be concluded that the development of audio visualbased animotion learning media in class X correspondence subjects APK of Krian 2 Vocational School”Very Worthy” is used in teaching and learning activities.

Keyword: Media Development, Audio Visual, Correspondence Material


Published
2019-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 55