Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Kompetensi Dasar Menganalisis dan Membuat Surat Dinas pada Siswa Kelas X APK di SMK 2 Krian Sidoarjo

  • AFIFAH ZUMROTUSH SHOLIHAH
  • MEYLIA ELIZABETH R

Abstract

Abstrak

Peran pendidikan dalam meningkatkan dan mengembangkan potensi sumber daya manusia agar memiliki kepribadian dan daya saing sangatlah besar. Proses pembelajaran memerlukan perhatian khusus agar peserta didik dapat dikondisikan untuk belajar dengan baik. Pembelajaran efektif dapat berlaku jika guru mampu memanfaatkan sumber dan media pembelajaran sesuai tuntutan kurikulumnya. Media pembelajaran sangat menunjang keberlangsungan proses pembelajaran menjadi lebih kreatif dan inovatif sehingga siswa lebih mudah memahami materi. Model pengembangan yang digunakan dalam jenis penelitian dan pengembangan ini adalah model pengembangan 4D yang dibagi menjadi 4 tahap utama yakni define, design, develop, and disseminate. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 ahli materi, 1 ahli media, 1 ahli bahasa, dan 20 siswa kelas X APK 2 SMK 2 Krian Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis adobe flash yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi pengembangan media berbasis adobe flash dari validator ahli materi memperoleh kriteria sangat layak. Dari validator ahli media memperoleh kriteria sangat layak. Dari validator ahli bahasa memperoleh kriteria sangat layak, serta hasil dari angket respon siswa memperoleh kriteria sangat layak. Dapat ditarik kesimpulan bahwasannya pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash kompetensi dasar menganalisis dan membuat surat dinas mata pelajaran korespondensi pada siswa kelas X APK 2 SMK 2 Krian Sidarjo “Sangat Layak” digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

Kata Kunci: Pengembangan Media, Adobe flash, Mata Pelajaran Korespondensi

Abstract

The role of education in improving and developing human resources in order to have a personality and supportive competitiveness. The learning process requires special attention so that students can be conditioned to study well. Effective learning can apply if the teacher is able to make use of learning resources and media according to the demands of the curriculum. Learning media is very supportive of the continuity of the learning process to be more creative and innovative so students more easily understand the material. The development model used in this type of research and development is the 4D development model is divided into 4 main stages, namely define, design, develop, and disseminate. The subject of this study consisted of 2 material experts, 1 media expert, 1 linguist, and 20 X grade students APK 2 SMK 2 Krian Sidoarjo. This study aims to develop adobe flash-based learning media that are suitable for use in the learning process. The validation results of the development of adobe flash based media from material expert validators obtained with very worthy criteria. From the validator the media expert obtained with very worthy criteria. From the validator linguists obtained with very worthy criteria, and the results of the student questionnaire responses obtained with very worthy criteria. It can be concluded that the development of adobe flash based learning media basic competencies analyzes and makes official letters of correspondence subjects in class X APK 2 SMK 2 Krian Sidarjo "Very Worthy" of being used in teaching and learning activities.

Keyword: Media Development, Adobe flash, Correspondence




Published
2019-01-17
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 28