PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUTOPLAY PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN KOMUNIKASI DI TEMPAT KERJA KELAS X APK DI SMK NEGERI MOJOAGUNG

  • WAHYUDI ANZHORI

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada era globalisasi memungkinkan untuk menciptakan sebuah media pembelajaran yang dapat menumbuhkan ketertarikan dan semangat belajar bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media, kelayakan media, dan respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis Autoplay pada Kompetensi Dasar Menerapkan komunikasi di Tempat Kerja Kelas X APK di SMK Negeri Mojoagung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Pendefinisian (define), Perancangan (design), Pengembangan (develop) dan Penyebaran (disseminate). Instrument penelitian ini terdiri dari validasi ahli materi, validasi ahli media, dan lembar respon siswa untuk mengukur kelayakan media pembelajaran. Subjek yang digunakan dalam penelitian berjumlah 20 siswa kelas X OTKP 1 SMK Negeri Mojoagung. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata persentase dari validasi ahli materi sebesar 86,16% dengan kriteria sangat layak dan validasi ahli media sebesar 88,96% dengan kriteria sangat layak. Sementara hasil lembar respon siswa memperoleh rata-rata persentase sebesar 91,1% dengan kriteria sangat layak, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Autoplay layak digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada Kompetensi Dasar Menerapkan Komunikasi di Tempat Kerja .

Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Autoplay, Komunikasi di Tempat Kerja






Published
2019-02-06
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 34