PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK BENTUK--BENTUK RAPAT KELAS XI APK1 SMK NEGERI 4 SURABAYA

  • MELA ANDRIYANI

Abstract

Pembelajaran dalam kurikulum 2013 guru hanya sebagai fasilitator sedangkan siswa diharapkan dapat memahami materi pembelajaran dengan mandiri. Bahan ajar yang digunakan di SMK Negeri 4 Surabaya tidak sesuai dengan kurikulum 2013, sehingga siswa merasa sulit memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan antara LKS sebelum dan sesudah dikembangkan, mengetahui kelayakan LKS dan respon siswa terhadap LKS berbasis inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan, ahli telaah dan ahli validasi serta 20 siswa kelas XI APK1. Sedangkan objek penelitian ini adalah Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar telaah validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli grafik dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini adalah LKS yang sudah dikembangkan menggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing sesuai kurikulum 2013. Perbedaan lainnya pada komponen materi, bahasa dan grafik. Hasil kelayakan LKS berbasis inkuiri terbimbing ini dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran dengan perolehan hasil validasi dari ahli materi 81,65% dengan kategori sangat layak, ahli bahasa diperoleh hasil 76,7% dengan kategori layak dan dari ahli grafik diperoleh hasil 80% dengan kategori layak. Sedangkan hasil respon siswa diperoleh hasil 91,7% dengan kategori sangat baik yang diambil dari uji coba terbatas pada 20 siswa di kelas XI APK1 SMK Negeri 4 Surabaya. Sehingga LKS berbasis inkuiri terbimbing ini dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran

Kata Kunci: Bahan Ajar, Inkuiri Terbimbing, Model Pengembangan 4D.

Published
2019-04-02
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 28