PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN PADA SISWA KELAS XI APK1 DI SMK NEGERI 10 SURABAYA

  • SRI SETIO UTAMI

Abstract

Salah satu bahan ajar yang digunakan selama proses pembelajaran adalah Modul Pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengembangan Modul, Kelayakan, dan Respon siswa XI APK1 di SMK Negeri 10 Surabaya terhadap pengembangan modul Administrasi Humas dan Keprotokolan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D, yang meliputi empat tahapan pengembangan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penilaian kualitas hasil pengembangan modul pembelajaran dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli kegrafikan. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran. Objek dalam penelitian ini yaitu pengembangan modul pembelajaran berbasis K13 Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi modul dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi modul dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa : 1) Pengembangan Modul Administrasi Humas dan Keprotokolan lebih layak digunakan karena sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah, 2) Kelayakan Modul dari Ahli Materi memperoleh presentase sebesar 94,4% dengan kategori sangat layak, Validasi Ahli Bahasa memperoleh presentase sebesar 85% dengan kategori sangat layak, Ahli Kegrafikan memperoleh presentase sebesar 77,33% dengan kategori layak, 3) Respons Siswa memperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 82,66% dengan kriteria sangat baik.

Kata kunci: Pengembangan modul, administrasi humas dan keprotokolan

Published
2019-04-02
Section
Articles
Abstract Views: 176
PDF Downloads: 245