PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN CARA BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBLAJARAN SARANA DAN PRASARANA KELAS XI APK 3 SMK NEGERI 1 SURABAYA

  • MOCH. RICHY CAHYA PUTRA
  • SITI SRI WULANDARI

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CARA BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SARANA DAN PRASARANA KELAS XI APK 3 SMK NEGERI 1 SURABAYA

Nama : Moch Richy Cahya Putra

NIM : 13080314058

Program Studi : S1 Pendidikan Ekonomi

Jurusan : Pendidikan Administrasi Perkantoran

Fakultas : Ekonomi

Institusi : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd

Pembelajaran berbasis masalah dapat digunakan untuk meningkatkan cara berfikir yang lebih tinggi dalam situasi yang berorientasi pada masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam penerapan problem based learning (PBL) dan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran sarana dan prasarana kelas APK 3 XI di SMKN 1 Surabaya.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah Kelas APK 3 XI SMK Negeri 1 Surabaya yang terdiri dari 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam penerapan problem based learning ada peningkatan antara siklus I dan siklus II, dari 55% menjadi 78% atau meningkat 29,48%. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Sarana dan Prasarana dengan kenaikan presentase menjadi 88%. Kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan menjadi 81% (kritis).

Kata Kunci: Problem Based Learning, Berfikir Kritis, Penelitian Tindakan Kelas.



Published
2019-05-26
Section
Articles
Abstract Views: 126
PDF Downloads: 591