PENGEMBANGAN BUKU AJAR OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS XI OTKP DI SMKN MOJOAGUNG

  • ENDAH DWI CAHYATI
  • MEYLIA ELIZABETH R

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan buku ajar otomatisasi tata kelola kepegawaian berbasis pendekatan kontekstual pada siswa kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMKN Mojoagung, kelayakan buku ajar otomatisasi tata kelola kepegawaian berbasis pendekatan konteksual pada siswa kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMKN Mojoagung dan respon siswa terhadap buku ajar tata kelola kepegawaian berbasis pendekatan kontekstual pada siswa kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMKN Mojoagung. Metode yang digunakan yaitu R&D dengan model pengembangan yaitu mengacu pada model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang berupa empat tahap yaitu; pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran, namun penelitian ini dibatasi pada tahap pengembangan saja. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 1 di SMKN Mojoagung. Instrumen dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan lembar telaah dan lembar validasi dari ahli materi, ahli bahasa dan ahli kegrafikan serta lembar angket respon siswa. Hasil dari pengembangan buku ajar otomatisasi tata kelola kepegawaian berbasis pendekatan kontekstual sudah sesuai dengan silabus kurikulum 2013 revisi 2017, serta validasi menunjukkan bahwa tingkat kelayakan isi pada buku ajar otomatisasi tata kelola kepegawaian sebesar 88,1%, kelayakan penyajian sebesar 91,1%, kelayakan bahasa sebesar 85,7% dan kelayakan kegrafikan sebesar 94,0%. Total keseluruhan kelayakan pada buku ajar otomatisasi tata kelola kepegawaian sebesar 89,73% dengan kriteria interpretasi sangat kuat. Respon siswa kelas XI Otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMKN Mojoagung terhadap buku ajar otomatisasi tata kelola kepegawaian menunjukkan hasil rata-rata skor pengembangan buku ajar otomatisasi kelola kepegawaian sebesar 92,00% dengan kriteria interpretasi sangat kuat.

Kata Kunci: Pengembangan Buku Ajar, Pendekatan Kontekstual, Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian, 4D

Abstract

This development research aims to find out the development of staffing management automation textbooks based on a contextual approach in class XI Automation and Office Management in Mojoagung Vocational School, the feasibility of contextual based employee governance automation textbooks for class XI Automation and Office Management in Vocational Schools Mojoagung and student responses to staffing governance textbooks based on a contextual approach to class XI Automation and Office Management in Mojoagung Vocational School. The method used is R & D with a development model that refers to the 4-D development model of Thiagarajan in the form of four stages, namely; defining, designing, developing and distributing, but this research is limited to the development stage. The subjects in this study were 20 students of class XI Automation and Office Management 1 in Mojoagung Vocational School. The instruments and data analysis in this study used a review sheet and validation sheet from material experts, linguists and graphic experts as well as student response questionnaire sheets. The results of the development of a textbook management automation textbook based on a contextual approach are in accordance with the 2017 revised curriculum syllabus 2017, and validation shows that the level of content eligibility in staffing automation governance textbooks is 88.1%, 91.1% feasibility, feasibility language is 85.7% and graphic feasibility is 94.0%. The total overall feasibility of the employee governance automation textbook is 89.73% with very strong interpretation criteria. The response of class XI Automation and office governance in Mojoagung Vocational School to the employee governance automation textbook shows the average score of the development of staff management automation textbooks at 92.00% with very strong interpretation criteria.

Keyword: Development of Textbooks, Contextual Approach, Automation of Staffing Governance,4D

Published
2019-05-28
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 98