Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual pada Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Kelas XII Semester Gasal di SMK Negeri 2 Tuban

  • AMAY LIANA RIZKI
  • MEYLIA ELIZABETH R

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengetahui 1) Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis kontekstual mata pelajaran Administrasi Kepegawaian kelas XII semester gasal yang telah dikembangkan; 2) kelayakan LKPD dilihat dari hasil validasi oleh ahli materi, ahli grafik, dan ahli bahasa; 3) respon peserta didik berdasarkan LKPD yang telah dikembangkan. Proses pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4D dari Thiagarajan dkk., yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan tanpa melalui tahap disseminate. Penelitian ini dilakukan uji coba terbatas pada 20 peserta didik kelas XII APK 4 di SMK Negeri 2 Tuban. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket uji telaah, lembar angket uji validasi, dan lembar respon peserta didik. Teknik analisis data pada uji telaah adalah deskriptif kualitatif, sedangkan pada uji validasi dan uji coba terbatas menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sesuai dengan silabus kurikulum 2013 edisi revisi 2017 dengan menggunakan pendekatan kontekstual. LKPD dinyatakan layak oleh ahli materi, ahli grafik, dan ahli bahasa dengan rata-rata skor keseluruhan sebesar 86.6%. LKPD juga dinyatakan layak pada tahap uji coba terbatas yang dilakukan pada 20 peserta didik kelas XII APK 4 SMK Negeri 2 Tuban dengan memperoleh skor sebesar 90.1%.

Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik, pendekatan kontekstual, model pengembangan 4D

Published
2019-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 139