PENGEMBANGAN BUKU AJAR PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN BERBASIS KURIKULUM 2013 KELAS X OTKP 1 DI SMK NEGERI 2 KEDIRI

  • FITRIA AMBARWATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengembangan buku ajar, mengukur kelayakan buku ajar, dan respon peserta didik terhadap buku ajar Mata Pelajaran Kearsipan berbasis kurikulum 2013 kelas X OTKP 1 di SMK Negeri 2 Kediri yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D, yaitu: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek penelitian berjumlah 20 peserta didik kelas X OTKP 1 di SMK Negeri 2 Kediri dan objek penelitian ini adalah Pengembangan Buku Ajar pada Mata Pelajaran Kearsipan Berbasis Kurikulum 2013. Instrument lembar validasi materi, bahasa, grafik, dan respon peserta didik diadaptasi dari BNSP tahun 2014 dengan skala penilaian menggunakan skala likert, serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi ahli materi, bahasa, grafik, dan respon peserta didik. Hasil penelitian terhadap kelayakan buku ajar menunjukan validasi dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 92,00% dengan interpretasi sangat kuat, validasi dari ahli bahasa memperoleh persentase sebesar 88,57% dengan interpretasi sangat kuat, validasi dari ahli grafik memperoleh persentase sebesar 90,00% dengan interpretasi sangat kuat. Total keseluruhan hasil dari para ahli adalah 90,19% dengan interpretasi sangat kuat. Berdasarkan hasil uji coba terbatas buku ajar terhadap peserta didik diperoleh persentase sebesar 90,4% dengan interpretasi sangat kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku ajar Mata Pelajaran Kearsipan yang telah dikembangkan layak digunakan di kelas X OTKP 1 SMK Negeri 2 Kediri.

Kata Kunci: Pengembangan, Buku Ajar, Kearsipan

Published
2019-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 62