PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA KEPEGAWAIAN SEMESTER GENAP KELAS XI DI SMK NEGERI 2 TUBAN

  • EKA WIDAYATI PUTRI
  • MEYLIA ELIZABETH R

Abstract

Penelitian pengembangan LKPD ini memiliki tujuan untuk: 1) mendeskripsikan hasil LKPD berbasis scientific approach yang sudah dikembangkan; 2) mendeskripsikan kelayakan LKPD berbasis scientific approach yang sudah dikembangkan; 3) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penerapan LKPD berbasis scientific approach yang sudah dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research and Development. Penelitian pengembangan LKPD ini menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang memiliki empat tahap pengembangan yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Penelitian ini dilakukan pada 20 peserta didik kelas XI OTKP 4 di SMK Negeri 2 Tuban. Hasil dari proses validasi menunjukkan bahwa jumlah keseluruhan kelayakan LKPD yaitu sebesar 82,5% dengan interprestasi sangat kuat. Uji coba yang dilakukan pada peserta didik menunjukkan rata-rata skor pengembangan LKPD sebesar 93,13% dengan interprestasi sangat kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan LKPD berbasis Scientific Approach pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Semester Genap di SMK Negeri 2 Tuban dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Published
2019-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 197
PDF Downloads: 198