Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Stop Motion Pada Kompetensi Dasar Mendistribusikan Surat/Dokumen Kelas XI AP SMK Ketintang Surabaya

  • RIZKY MEYCILIA EKA

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Media dan Kelayakan Video Stop Motion sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas XI AP SMK Ketintang Surabaya pada Kompetensi Dasar Mendistribusikan Surat/Dokumen. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D, yang meliputi tahapan yaitu pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebaran. Penilaian kualitas hasil pengembangan media ini dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Subyek penelitian adalalah 20 siswa kelas XI AP 5 SMK Ketintang Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi media dam lembar angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengembangan media pembelajaran video animasi stop motion layak digunakan pada Kompetensi Dasar Mendistribusikan Surat/Dokumen kelas XI AP SMK Ketintang Surabaya; 2) kelayakan media dari ahli materi memperoleh persentase 91,65% dengan kategori sangat layak dan dari ahli media diperoleh presentase 94,29% dengan kategori sangat layak.

Kata Kunci: Media pembelajaran, animasi stop motion dan model pengembangan 4-D

Published
2019-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 81