PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI PADA KD MENGANALISIS SURAT DINAS KELAS X OTKP SMKN 2 NGANJUK

  • AHMAD NOOR FUADI
  • SITI SRI WULANDARI

Abstract

ABSTRAK

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI PADA KD MENGANALISIS SURAT DINAS KELAS X OTKP SMKN 2 NGANJUK

Nama : Ahmad Noor Fuadi

NIM : 13080314076

Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran

Jurusan : Pendidikan Ekonomi

Fakultas : Ekonomi

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi kompetensi dasar menganalisis surat dinas kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Nganjuk.

Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen kuasi (quasi experimental design) dengan bentuk nonequivalent control group design. Subjek penelitian yang digunakan yaitu kelas X OTKP 2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 34 siswa dan kelas X OTKP 3 sebagai kelas kontrol sebanyak 34 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran dan lembar tes. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, analisis gain score dan uji t (hipotesis).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa pada kelas eksperimen dinyatakan tuntas 100% secara klasikal, sedangkan pada kelas kontrol dinyatakan tuntas 85% secara klasikal. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah sebesar 54,56, sedangkan pada kelas kontrol adalah sebesar 56,47. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah sebesar 85,00, sedangkan pada kelas kontrol adalah sebesar 80,56. Gain score atau selisih nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah sebesar 30,44, sedangkan pada kelas kontrol adalah sebesar 24,12.

Berdasarkan hasil analisis uji t posttest, diperoleh thitung sebesar 2,597 dengan taraf signifikasi sebesar ,012. Sedangkan ttabel dicari dengan tabel distribusi pada taraf kepercayaan 95% (α = 5%, karena uji t bersifat dua sisi) dengan derajat kebebasan (df) sebesar 66, sehingga ttabel diketahui (0,05;66)=1,997. Mengacu pada perhitungan uji t diketahui bahwa t-test < 0,05 yaitu ,012 < 0,05 dan thitung (2,597) > ttabel (1,997) sehingga Ha diterima. Selain itu, berdasar hasil analisis uji t selisih (gainscore), diperoleh nilai thitung sebesar 2,455 dengan taraf signifikasi ,017. Sedangkan diketahui nilai ttabel sebesar 1,997 dengan taraf signifikasi 0,05. Dari perhitungan uji t tersebut maka dapat disimpulkan bahwa, H0 ditolak dan Ha diterima karena t-test < 0,05 yaitu ,017 < 0,05 dan thitung (2,455) > ttabel (1,997). Berdasar hasil perhitungan diatas, dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh hasil belajar siswa pada model Problem Based Learning terhadap hasil belajar Mata Pelajaran Korespondensi KD Menganalisis Surat Dinas di kelas X OTKP SMKN 2 Nganjuk. Kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning memperoleh nilai yang lebih tinggi dari kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Korespondensi, Hasil Belajar






Published
2019-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 288