PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA KEPEGAWAIAN SEMESTER GASAL KELAS XI DI SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO

  • SITI ANJAR LUSTIN
  • MEYLIA ELIZABETH R

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis scientific approach pada mata pelajaran Otomatisasi dan Tata Kelola Kepegawaian semester gasal untuk peserta didik kelas XI OTKP 2 SMKN 2 Buduran, menganalisis kelayakan LKPD yang dikembangkan, serta menganalisis respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan. Metode penelitian yaitu R&D dengan model pengembangan 4-D. Namun, penelitian dibatasi pada tahap pengembangan saja. Subjek penelitian validasi ahli terdiri dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli grafik serta uji coba terbatas pada 18 peserta didik kelas XI OTKP 2 SMKN 2 Buduran. Instrumen penelitian menggunakan lembar telaah ahli, lembar validasi ahli, serta lembar angket respon peserta didik. Analisis data telaah ahli dilakukan secara deskriptif kualitatif, sedangkan data validasi dan respon dianalisis secara kuantitatif dan diinterpretasikan ke dalam Skala Likert. Hasil penelitian LKPD berbasis scientific approach dikembangkan sesuai dengan silabus OTK Kepegawaian dan dikembangkan meggunakan model pengembangan 4-D. Hasil validasi ahli terhadap kelayakan LKPD menunjukkan bahwa komponen kelayakan isi memperoleh skor 84,4%, kelayakan penyajian 90,6%, kelayakan bahasa 95,7%, kelayakan kegrafikan 92%. Sehingga hasil keseluruhan validasi ahli adalah 90,7% dengan kriteria sangat kuat. Respon peserta didik memperoleh skor 82,7% dengan kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD yang telah dikembangkan layak dan siap digunakan sebagai perangkat pembelajaran.

Published
2019-06-26
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 47