PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN SISWA KELAS X APK DI SMK 2 KRIAN

  • RIZKI MAULANA HAMDANI
  • BRILLIAN ROSY

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada kompetensi dasar menerapkan penanganan surat masuk kelas X APK SMK 2 Krian. Penelitian ini dilaksanakan di SMK 2 Krian tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini ialah penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design (Eksperimen Semu) dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X APK sejumlah 70 siswa di SMK 2 Krian, kelas X APK 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X APK 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah sebesar 49,85, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 53. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah sebesar 87,28, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 82,71. Selisih nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah sebesar 37, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 30. Berdasar hasil uji t posttest, nialai thitung 3,962 dengan sig. sebesar 0,006. Pada nilai ttabel diketahui sebesar 1,995 sehingga t-test < 0,05 yaitu 0,006 < 0,05 serta thitung > ttabel ialah 3,962 > 1,995. Sementara itu hasil uji t selisih pretest-posttest memperoleh hasil nilai thitung 2,850 dengan sig. 0,00 sedangkan untuk nilai ttabel 1,995 dengan taraf sig. 0,05 sehingga t-test < 0,05 yaitu 0,00 < 0,05 dan thitung > ttabel 2,850 > 1,995. Mengacu dari hasil tersebut maka H1 diterima dan H0 ditolak, dengan itu disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kedua kelas yang digunakan untuk penelitian.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar

Published
2019-06-26
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 46