PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR TATA CARA MENERIMA TAMU KELAS XII SMK NEGERI 2 TUBAN

  • DEAVY WULANDARI PUTRY
  • MEYLIA ELIZABETH R

Abstract

Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk: 1) mengembangkan media game edukasi ular tangga kompetensi dasar tata cara menerima tamu; 2) kelayakan media game edukasi ular tangga kompetensi dasar tata cara menerima tamu; 3) respon siswa terhadap media game edukasi ular tangga pada kompetensi dasar tata cara menerima tamu; 4) peningkatan motivasi belajar siswa kelas XII APK di SMK Negeri 2 tuban pada kompetensi dasar tata cara menerima tamu setelah dikembangan media game edukasi ular tangga. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model 4D dengan tahapan pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran (Thiagarajan et al., 1974: 5). Tetapi dalam penelitian ini dilaksanakan hanya sampai tahap pengembangan dan tidak melaksanakan tahap peyebaran karena peneliti hanya melakukan uji coba terbatas tidak sampai melakukan proses eksperimen media game edukasi ular tangga. Subjek penelitian ini adalah dua ahli materi, satu ahli media pembelajaran dan 20 siswa kelas XII APK 2 SMK Negeri 2 Tuban. Instrumen penelitian yang digunakan peneliti adalah lembar angket dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan media game edukasi ular tangga melalui empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran; 2) media game edukasi ular tangga memperoleh persentase kelayakan materi sebesar 86% dan kelayakan media 86,67% dengan interpretasi sangat kuat; 3) hasil respon siswa terhadap media yang sudah dikembangakan sebesar 95,3% dengan interpretasi sangat kuat; 4) media pembelajaran game edukasi ular tangga kompetensi dasar tata cara menerima tamu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 37,05%, dari tingkat motivasi awal siswa 56,65% dengan kategori cukup dan meningkat menjadi 93,70% dengan kategori sangat kuat. Sehingga dapat disimpulkan media game edukasi ular tangga layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Game Edukasi Ular Tangga, Motivasi Belajar

Published
2019-06-27
Section
Articles
Abstract Views: 114
PDF Downloads: 116