PENGEMBANGAN BUKU AJAR OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN BERBASIS KURIKULUM 2013 SPETRUM KELAS XII OTKP DI SMKN MOJAGUNG

  • FITRI NUR AINI
  • MEYLIA ELIZABETH R

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian berbasis kurikulum 2013 spektrum kelas XII OTKP di SMKN Mojoagung, untuk mengetahui kelayakan, dan evaluasi dari peserta didik terhadap buku ajar yang telah dikembangkan peneliti. Metode yang digunakan yaitu R&D dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yaitu: tahap pendefinisan, perancangan, pengembangan, dan penyebaran, namun peneliti ini dibatasi pada tahap pengembangan saja. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas XII OTKP 1 di SMKN Mojoagung. Instrumen dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan lembar telaah dan lembar validasi dari ahli materi, ahli bahasa, dan kegrafisan serta lembar angket evaluasi dari peserta didik. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pengembangan buku ajar berbasis kurikulum 2013 spetrum ini dibuat sesuai dengan model pengembangan 4-D yang hanya sampai pada tahap pengembanan saja, untuk tahap penyebaran dilakukan setelah penelitian ini selesai diajukan; hasil validasi menunjukkan bahwa tingkat kelayakan isi pada buku ajar Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian sebesar 84%, kelayakan penyajian sebesar 87,65%, kelayakan bahasa sebesar 90%, kelayakan kegrafisan sebesar 90,34%. Total keseluruhan kelayakan buku ajar sebesar 88% dengan kriteria interpretasi sangat kuat. Uji coba yang dilakukan pada peserta didik menujukkan hasil rata-rata skor pengembangan buku ajar sebesar 96,25% dengan kriteria interpretasi sangat kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam pengembangan buku ajar Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian 2013 spektrum kelas XII OTKP di SMKN Mojoagung dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Kata Kunci: Pengembangan Buku Ajar, Kurikulum 2013 Spektrum, Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian



Published
2019-07-07
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 77