Peran Public Relations Untuk Meningkatkan Eksistensi Perusahaan Melalui Penggunaan Virtual Office di Surabaya

  • ARUM FITRI LISTIANI
  • JAKA NUGRAHA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran public relations PT Otak Kanan untuk meningkatkan eksistensi perusahaan melalui penggunaan virtual office di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, subyek dalam penelitian ini adalah public relations PT Otak Kanan, Direktur PT Otak Kanan, Pemilik Tirta Media Productions, dan Pemilik Setia Design. Serta obyek penelitiannya ialah peran public relations untuk meningkatkan eksistensi perusahaan melalui penggunaan virtual office. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktisi public relations PT Otak Kanan telah melaksanakan peran sebagai public relations dengan baik melalui penggunaan virtual office, yaitu peran sebagai penasehat ahli, peran sebagai fasilitator komunikasi, peran sebagai pemecah masalah, serta peran sebagai teknisi komunikasi. Dengan adanya keakraban dan pelayanan yang baik dari public relations maka eksistensi PT Otak Kanan dapat ditingkatkan sesuai dengan tujuan perusahaan.

Kata Kunci: Peran Public Relations, Virtual Office, Eksistensi Perusahaan

Abstract

This study aims to describe the role of public relations to improve the existence of the company through the use of virtual offices to support the activities carried out by PT Otak Kanan. The type of research used was descriptive with a qualitative approach, the subjects in this study were public relations PT Otak Kanan, Director of PT Otak Kanan, Owner of Tirta Media Productions, and Owner of Faithful Design. As well as the object of his research is the role of public relations to improve the existence of companies through the use of virtual offices. Data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. The data analysis technique used consisted of data reduction, data presentation and conclusions using data validity techniques using source triangulation. The results showed thatpractitioner public relations PT Otak Kanan had carried out the role of public relations well through the use of virtual offices, namely the role of expert advisors, roles as communication facilitators, roles as problem solvers, and roles as communication technicians. With the existence of good familiarity and service from public relations , the existence of PT Otak Kanan can be improved in accordance with the companys goals.

Keywords: The Role of Public Relations, Virtual Office, Company Existence






Published
2019-07-07
Section
Articles
Abstract Views: 201
PDF Downloads: 360