PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA KD MENERAPKAN PELAYANAN PRIMA KEPADA PELANGGAN KELAS XI OTKP DI SMKN 1 JOMBANG

  • ADE MAHARDIKA
  • SITI SRI WULANDARI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Active Debate terhadap hasil belajar peserta didik, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Active Debate terhadap keterampilan berbicara peserta didik, dan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Active Debate Kompetensi Dasar Menerapkan Pelayanan Prima kepada Pelanggan di SMKN 1 Jombang tahun pelajaran 2017/2018. Jenis desain penelitian ini quasi exsperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Subjek penelitian ialah semua peserta didik kelas XI OTKP 1 berjumlah 36 dan XI OTKP 2 berjumlah 32. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Instrumen penelitian ini ialah lembar tes hasil belajar pre-test dan post-test dan lembar pengamatan keterampilan berbicara peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, uji-t (hipotesis), dan analisis gain score (selisih). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, hasil belajar kelas eksperimen mengalami kenaikan sebesar 22,08, dimana rata-rata Pre-Test sebesar 63,33 dan rata-rata Post-Test sebesar 85,42. Sedangkan pada kelas kontrol mengalami kenaikan sebesar 14,68, dimana rata-rata Pre-Test sebesar 64,22 dan rata-rata hasil belajar nilai Post-Test sebesar 78,91, berdasarkan Uji-t nilai Post-Test antara nilai kelas kontrol dan eksperimen diketahui bahwa t_hitung sebesar 4,393 dengan taraf signifikansi 0,000 dan df sebesar 66, sedangkan t_tabel dan taraf kepercayaan 95% (α=0,05) adalah 1,995 karena t-test < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dan t-hitung 4,393 > t-tabel 1,995. Sehingga Ha_1 yang menyatakan terdapat pengaruh hasil belajar siswa setelah diterapkannya Model Pembelajaran Active Debate diterima. Kedua, nilai rata-rata keterampilan berbicara kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata nilai kelas kontrol yaitu masing-masing sebesar 76,95 dan 84,54, berdasarkan Uji-t nilai keterampilan berbicara antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dapat diketahui bahwa t-hitung sebesar 3,776 dengan taraf signifikansi 0,000 dan df sebesar 66, sedangkan t_tabel dan taraf kepercayaan 95% (α=0,05) adalah 1,995 sehingga diketahui bahwa t-test < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dan t-hitung 3,776 > t-tabel 1,995. Sehingga Ha_2 yang menyatakan terdapat pengaruh keterampilan berbicara peserta didik setelah diterapkannya Model Pembelajaran Active Debate diterima. Ketiga, penerapan Model pembelajaran Active Debate dilakukan sesuai dengan prosedur penelitian Eksperimen. Simpulan hasil penelitian ini adalah Model Pembelajaran Active Debate dapat diterapkan di SMKN 1 Jombang pada Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan khususnya Kompetensi Dasar Menerapkan Pelayanan Prima kepada Pelanggan.





Published
2019-07-17
Section
Articles
Abstract Views: 113
PDF Downloads: 97