Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Penyimpanan dan Penemuan Kembali Arsip pada Siswa Kelas X OTKP 1 SMKN Mojoagung

  • IMA CHOIRUNNISA
  • DURINTA PUSPASARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas siswa dan guru kelas di X OTKP 1 pada saat penerapan metode pembelajaran demonstrasi dan menganalisis peningkatan kemampuan penyimpanan dan penemuan kembali arsip sistem subjek melalui penerapan metode pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran kearsipan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas X OTKP 1 SMKN Mojoagung. Teknik pengumpulan data diantaranya observasi, tes objektif (pretest dan posttest), kemampuan penyimpanan dan penemuan kembali arsip dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas siswa dalam penerapan metode pembelajaran demonstrasi, lembar pengamatan aktivitas guru dalam penerapan metode pembelajaran demonstrasi, lembar tes hasil belajar untuk mengukur tingkat pemahaman siswa dalam penguasaan materi dengan soal yang sudah tervalidasi, lembar penilaian kemampuan penyimpanan dan penemuan kembali arsip sistem subjek serta dokumentasi penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penyimpanan dan penemuan kembali arsip sistem subjek siswa mengalami perubahan setelah diterapkan metode pembelajaran demonstrasi, dilihat dari pengamatan aktivitas siswa, pada siklus I rata-rata sebesar 2,50; siklus II 2,66; siklus III 3,44 dan aktivitas guru pada siklus I rata-rata sebesar 2,50; siklus II 3,09; siklus III 3,80. Peningkatan kemampuan penyimpanan dan penemuan kembali arsip setiap siswa, pada siklus I dengan perolehan rata-rata 2,43; siklus II 2,88 dan siklus III 3,50.





Published
2019-07-17
Section
Articles
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 63