Pengembangan Papan Permainan Ludo Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Kompetensi Dasar Menganalisis Persyaratan Personil Administrasi Kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya

  • YUSI PRATIWI ANGGUNTARI
  • JAKA NUGRAHA

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan Papan Permainan Ludo sebagai media pembelajaran pada Kompetensi Dasar Menganalisis Persyaratan Personil Administrasi kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya, menganalisis kelayakan Papan Permainan Ludo yang telah dikembangkan, menganalisis respon siswa terhadap Papan Permainan Ludo yang sudah dikembangkan serta menganalisis peningkatan hasil belajar siswa terhadap penggunaan Papan Permainan Ludo. Metode penelitian ini adalah Research and Development menggunakan model pengembangan 4-D. Uji coba terbatas dilakukan pada 20 siswa kelas X OTKP 2 di SMK Negeri 10 surabaya. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar angket respon siswa serta lembar tes hasil belajar. Lembar validasi ahli dan lembar angket respon siswa dianalisis secara kuantitatif menggunakan skala likert, sedangkan lembar tes hasil belajar dianalisis menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media pembelajaran papan permainan ludo terdiri dari papan permainan ludo, kartu (quiz card dan bonus card), pion dan dadu serta buku panduan yang disesuaikan dengan kompetensi dasar Menganalisis Personil Administrasi. Penilaian validasi oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 91,25% dengan interpretasi sangat kuat dan ahli media sebesar 96,7% dengan interpretasi sangat kuat. Respon siswa melalui uji coba terbatas diperoleh nilai persentase sebesar 87,6 % dengan interpretasi sangat kuat. Hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Papan Permainan Ludo mengalami peningkatan dilihat dari perolehan skor gain 0,5 dengan interpretasi tinggi. Dengan demikian, media papan permainan ludo pada kompetensi dasar Menganalisis Personil Administrasi layak digunakan dalam proses Pembelajaran di kelas X OTKP SMK Negeri 10 Surabaya.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Papan Permainan Ludo, Model Pengembangan 4D

Published
2019-07-23
Section
Articles
Abstract Views: 290
PDF Downloads: 420