PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ADOBE FLASH CS5 PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS JABATAN, TUGAS, DAN URAIAN PEKERJAAN KELAS X OTKP 5 DI SMK KETINTANG SURABAYA

  • AGUS KURNIAWATI DWI SAFITRI
  • JAKA NUGRAHA

Abstract

Abstrak

Administrasi Umum adalah mata pelajaran yang mempelajari dasar-dasar administrasi. Salah satu diantaranya adalah kompetensi dasar menganalisis jabatan, tugas, dan uraian pekerjaan. Penggunaan media pembelajaran diperlukan sebagai media penunjang proses pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan dapat dipelajari secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan media, mengukur kelayakan media, dan respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbantuan Adobe Flash CS5 pada kompetensi dasar menganalisis jabatan, tugas, dan uraian pekerjaan kelas X OTKP 5 di SMK Ketintang Surabaya yang telah dikembangkan. Jenis penelitian pengembangan menggunakan R&D dengan model pengembangan 4-D. Model pengembangan 4-D terdiri dari tahap penelitian yaitu: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek penelitian media pembelajaran interaktif ini diujicobakan kepada 20 siswa dari kelas X OTKP 5 SMK Ketintang Surabaya. Adapun instrumen penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan angket respons siswa. Pada penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang dipakai pada penelitian ini yaitu analisis validasi ahli media, analisis validasi ahli materi, dan analisis angket respons siswa. Berdasarkan hasil penelitian, prosedur pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Adobe Flash CS5, tahap pertama yaitu Tahap Pendefinisian (Define) yang terdapat 5 langkah yaitu analisis awal, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Tahap kedua yaitu Tahap Perancangan (Design) dibuat berdasarkan kompetensi dasar menganalisi jabatan, tugas, dan uraian pekerjaan yang disesuaikan dengan silabus yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa terhadap kompetensi dasar menganalisis jabatan, tugas, dan uraian pekerjaan. Tahap ketiga yaitu Tahap Pengembangan (Development) bertujuan untuk menciptakan sebuah ciptaan berupa pengembangan media pembelajaran yang layak dan baik digunakan untuk penunjang proses pembelajaran. Tahap terakhir yaitu Tahap Peyebarluasan (Dissemination) yang tidak dilakukan, karena penelitan ini hanya sampai tahap pengembangan (Development) dikarenakan tahap pemakaian perangkat yang sudah dikembangkan strategi penyebarannya pada skala yang lebih luas, contohnya di sekolah lain. Kelayakan media pembelajaran interaktif berbantuan Adobe Flash CS5 dilihat dari hasil rekapitulasi dari para ahli validator yaitu hasil validasi ahli materi didapatkan hasil sebesar 91% yang dapat dikategorikan sangat kuat dan hasil dari validasi ahli media didapatkan hasil sebesar 96% yang dapat dikategorikan sangat kuat. Sedangkan respons siswa terhadap pengembangan media interaktif berbantuan Adobe Flash CS5 telah menunjukkan hasil rekapitulasi keseluruhan sebesar 97% yang dapat dikategorikan sangat kuat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Sehingga bisa disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan Adobe Flash CS5 pada kompetensi dasar menganalisis jabatan, tugas, dan uraian pekerjaan kelas X OTKP 5 di SMK Ketintang Surabaya yang telah dikembangkan layak digunakan untuk proses pembelajaran.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Adobe Flash CS5, Pengembangan 4-D


Abstract General administration is a subject that studies the fundamentals of administration. One of them is basic competence to analyze post, task, and job description. The use of learning media is required as a media supporting the learning process to be adjusted to the needs of learners and can be studied independently. This research aims to analyze media development, measure the eligibility of the media, and student response of development of interactive learning media helpful Adobe Flash CS5 in basic competence analyzing the position, task, and job description of class X OTKP 5 in SMK Ketintang Surabaya that have been develope. Type of research development using the R & D method with the 4-D development model. The 4-D development model consists of the research stages, namely: define, design, development, and dissemination. The subject of interactive learning media research was tested on 20 students from class X OTKP 5 at SMK Ketintang Surabaya. The research instruments are material expert validation sheets, media expert validation sheets, and student response questionnaires. In this development research data analysis techniques used in this study are media expert validation analysis, material expert validation analysis, and student response questionnaire analysis. Based on the results of the study, the procedure for the development of interactive learning media assisted by Adobe Flash CS5, the first stage is the Defining Stage, which consists of 5 steps, namely initial analysis, student analysis, task analysis, concept analysis, and specification of learning objectives. The second stage, namely the Design Stage (Design) is made based on basic competencies analyzing positions, assignments, and job descriptions that are adjusted to the syllabus used to measure students ability to basic competencies analyzing positions, assignments, and job descriptions. The third stage, namely the Development Phase (Development) aims to create a creation in the form of developing learning media that are appropriate and well used to support the learning process. The last stage is the Dissemination Phase which is not carried out, because this research only reaches the development stage due to the use of the equipment which has been developed on a broader scale, for example in other schools. The feasibility of interactive learning media assisted by Adobe Flash CS5 seen from the results of recapitulation from validator experts, namely the results of material expert validation showed that 91% can be categorized as very strong and the results of media expert validation were 96% which can be categorized as very strong. While students responses to the development of interactive media assisted by Adobe Flash CS5 have shown that the overall recapitulation of 97% can be categorized as very strong in increasing student motivation in learning. So that it can be concluded development of interactive learning media helpful Adobe Flash CS5 in basic competence analyzing the position, task, and job description of class X OTKP 5 in SMK Ketintang Surabaya that have been develope proper to use in the learning process. Keywords: Learning media, Adobe Flash CS5, 4-D development
Published
2019-07-23
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 25