Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Semester Genap Kelas XII OTKP di SMK Negeri Mojoagung

  • DIAH KUMALA SARI
  • MEYLIA ELIZABETH R

Abstract

Abstrak Penelitian pengembangan ini menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis kontekstual pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian kelas XII semester genap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan LKPD, kelayakan LKPD, dan respon peserta didik kelas XII OTKP di SMKN Mojoagung terhadap LKPD yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan R&D (Research & Development), dengan menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang memiliki 4 tahapan yaitu define, design, develop, disseminate. Tahap disseminate tidak dilakukan karena penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan produk dan penelitian ini juga tidak melalui tahap eksperimen. Penelitian ini diujicobakan pada 20 orang peserta didik kelas XII OTKP 1 di SMKN Mojoagung. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi dari para ahli (ahli materi, ahli bahas, ahli grafis) dan lembar respon peserta didik. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif terhadap lembar validasi dari para ahli (ahli materi, ahli bahas, ahli grafis) dan lembar respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis kontekstual pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian semester genap kelas XII OTKP di SMK Negeri Mojoagung menggunakan model pengembangan 4-D yang dikemukakan Thiagarajan, dkkyang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. LKPD ini menggunakan pendekatan kontekstual dengan tujuh komponen didalamnya yaitu kontruktivisme, inquiry, bertanya, diskusi, permodelan, refleksi, dan penilaian otentik; 2) kelayakan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis kontekstual pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian semester genap kelas XII OTKP di SMK Negeri Mojoagung layak digunakan sebagai bahan ajar dan sumber belajar dengan hasil dari validasi kelayakan LKPD secara keseluruhan memperoleh skor 77,9%, dengan validasi materi sebesar 77%, validasi grafis 83,8%, dan validasi bahasa 72,9%; 3) respon peserta didik kelas XII OTKP 1 SMK Negeri Mojoagung mengenai Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis kontekstual pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian semester genap layak digunakan peserta didik dengan hasil respon peserta didik memperoleh skor sebesar 79,6%.Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Kontekstual, Model Pengembangan 4D
AbstractThis development research produce a student worksheets (LKPD) based on contextual on the subject automation in the management second semester. The purpose of this research are to know the development process of student worksheet, feasibility of student worksheet, and response from students classXII OTKP inSMK Negeri Mojoagung of student worksheet that has been developed. The research use R&D (Research & Development), with 4-D development model from Thiagarajan that have four stages are define, design, develop, disseminate. Disseminate stage wasn’t included, the research to develop a product and the research too didn’t include the experimental stage. The research is tested to 20 students of XII OTKP 1 in SMK Negeri Mojoagung.The research instruments used in this study include validation sheets from experts (material experts, subject matter experts, graphic experts) and student response sheets. For data analysis techniques using quantitative descriptive analysis of the validation sheet from experts (material experts, experts, graphic experts) and student response sheets. The results of this study indicate that 1) the development of contextual Student Activity Sheets in the even semester XII OTKP Employee Governance Automation subjects at Mojoagung Vocational School using the 4-D development model proposed by Thiagarajan, et al which consists of four stages, namely the definition phase , the design stage, the development stage, and the deployment stage. This LKPD uses a contextual approach with seven components, namely constructivism, inquiry, questioning, discussion, modeling, reflection, and authentic assessment; 2) the feasibility of the Student Activity Sheet based on the even semester XII OTKP Employee Governance Automation subjects at Mojoagung Vocational School is worthy of being used as teaching materials and learning resources with the validation result of student worksheet feasibility overall got score of 77,9%, with the validation of the material got score of 77%, the validation of the graphic got score of 83,8%, and the validation of the linguist got score of 72,9%; 3) response of students of class XII OTKP 1 of SMK Negeri Mojoagung regarding Student Activity Sheets based on context in the subjects of Automation in even semester Employee Governance is worthy of being used for students with result of response from student got score of 79,6%.Keywords : Student Worksheet, Contextual, 4D Development Model
Published
2019-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 93