PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA HUMAS DAN KEPROTOKOLAN DI SMK KETINTANG SURABAYA

  • IKA ROHMAH NURJANNAH
  • DURINTA PUSPASARI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas siswa kelas XI OTKP 3 pada saat penerapan model pembelajaran Think Talk Write pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan di SMK Ketintang Surabaya, menganalisis aktivitas guru pada saat penerapan model pembelajaran Think Talk Write pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan, menganalisis peningkatan kemampuan berkomunikasi siswa melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dan peneliti bertindak sebagai pengamat di dalam kelas. Penelitian ini menggunakam siklus atau putaran tindakan yang berkelanjutan. Setiap putaran siklusnya melalui 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 35 siswa kelas XI OTKP 3 SMK Ketintang Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran Think Talk Write pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan aktivitas siswa pada siklus I sampai dengan siklus III memiliki peningkatan tiap siklusnya, data tersebut dinyatakan dari hasil siklus I sebesar 1,67, siklus II sebesar 2,55 dan siklus III sebesar 3,22; 2) penerapan model pembelajaran Think Talk Write pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan aktivitas guru pada siklus I sampai dengan siklus III memiliki peningkatan yang signifikan tiap siklusnya, data tersebut dinyatakan dari hasil siklus I sebesar 1,78, siklus II sebesar 2,44 dan siklus III sebesar 3,11; 3) penerapan model pembelajaran Think Talk Write pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa, mulai siklus I hingga siklus III. Dimana pada siklus I hasil rata-rata pre test 36,43 post test 53,57, siklus II hasil rata-rata pre test 62,71 post test 69,14 sedangkan pada siklus III hasil nilai rata-rata pre test 75,57 dan post test 84,85.

Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Model Pembelajaran Think Talk Write, Otomatisasi Tata Kelola Humas

dan Kepotokolan


Published
2019-07-28
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 0